Melalui Inovasi PANGKALAN, Kabupaten Bandung Sabet Juara 2 Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2023

- 4 Oktober 2023, 08:44 WIB
Inovasi Pangkalan yang digagas Dinas Pertanian Kabupaten Bandung menyabet juara 2 Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2023./ Diskominfo
Inovasi Pangkalan yang digagas Dinas Pertanian Kabupaten Bandung menyabet juara 2 Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2023./ Diskominfo /

GALAMEDIANEWS – Melalui inovasi Pangkalan (Pelayanan Bengkel Keliling Alat Mesin Pertanian) yang digagas Dinas Pertanian atau Distan, Kabupaten Bandung berhasil menyabet juara 2  Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2023. Penghargaan tersebut diberikan kepada Sekretaris Daerah Pemkab Bandung Cakra Amiyana dan Kepala Distan Ningning Hendasah di Kantor BP2D Provinsi Jabar, Jln. Kawaluyaan Indah Raya, Selasa 3 Oktober.

 

Sistem Pangkalan yang digagas Distan Kabupaten Bandung dalam Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2023 merupakan salah satu inovasi pelayanan publik bagi petani yang membutuhkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dengan sistem bengkel keliling dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Inspirasi inovasi Pangkalan oleh Distan Kabupaten Bandung ini telah ada sejak 2013 pasca kunjungan mereka ke Desa Goseong, Korea Selatan. Dan pada Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) 2023 ini, ide mereka mendapat penghargaan sebagai salah satu bentuk pelayanan publik terbaik yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda).

Awalnya, inovasi ini hanya berbentuk mobil keliling yang kemudian dikembangkan menjadi Pelayanan Bengkel Keliling Alat Mesin Pertanian atau Pangkalan pada Januari 2019 yang dilengkapi berbagai kelebihan. Namun akhirnya menjadi solusi untuk mengawasi serta merawat Alsintan yang telah didistribusikan pemerintah ke kelompok tani.

Pangkalan memberikan pelayanan perbengkelan Alsintan dengan lebih efektif, terjadwal dan dapat dilakukan oleh Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), wilayah pelayanan bengkel keliling Alsintan ini juga dapat mencapai pelosok kecamatan, serta menawarkan kualitas dan jenis pelayanan yang beragam.

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Pasar Banjaran Kabupaten Bandung, Robohkan Bangunan Parkiran Motor dan Gerobak Bakso

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x