Dilantik Jadi Menteri Pertanian Amran Sulaiman akan Fokus Kurangi Impor Beras

- 25 Oktober 2023, 19:11 WIB
Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023)
Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023) /Foto:Dokumen/Antara/



GALAMEDIANEWS - Andi Amran Sulaiman resmi dilantik sebagai Menteri Pertanian (Mentan) pada hari Rabu 25 Oktober 2023 di Istana Negara oleh Presiden Jokowi. Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Fokus pada beras dan jagung, itu penting sekali, Amran Sulaiman menyatakan akan fokus mengembangkan produksi pertanian, khususnya beras, untuk mengurangi kuota impor selama masa jabatannya yang kurang dari setahun.

Dengan tetap optimistis terhadap target penurunan beras dapat tercapai karena Indonesia dulunya merupakan negara swasembada beras.

Baca Juga: Lakukan Penelitian Terkait Intoleransi dan Radikalisme, Puslitbang Polri datangi Polresta Bandung

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meyakinkan tidak ada konflik kepentingan antara jabatannya di pemerintahan dengan statusnya sebagai pengusaha yang juga aktif di sektor pertanian. Namun sebagian lainnya tidak ditutup karena tidak terkait dengan pertanian.

“Tidak berubah, bertambah tua pun berubah,” kata Menteri Pertanian Amran di kantor Kementerian Pertanian di Jakarta, Rabu.

Diketahui bahwa Amran merupakan seorang pengusaha Makassar sekaligus pendiri Tiran Group. Ia menegaskan selama menjabat Menteri Pertanian pada 2014 hingga 2019, ia tidak pernah mencoba memberikan tekanan kepada pejabat Kementerian Pertanian lainnya untuk menciptakan kondisi bagi dunia usaha untuk berkembang.

Baca Juga: Resep Terong Raos Balado ala Martin Praja Makanan Unik Khas Bandung

Ia bahkan meminta awak media mengusut asetnya di Internet dengan kata kunci Amran Rp 50 miliar. Tercatat hartanya berkurang Rp 50 miliar selama menjabat menteri era Jokowi-Jusuf Kalla.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x