Tank Israel Masuki Wilayah Al-Zaytoun Gaza, Mulai Blokir Jalan Raya Salah al-Din Penghubung Utara dan Selatan

- 30 Oktober 2023, 17:26 WIB
Tangkapan Layar Menunjukan Sebuah mobil warga sipil Palestina mencoba melintasi  Jalan Salah al-Din dan selanjutnya ditembak oleh Tank pasukan Israel di Gaza
Tangkapan Layar Menunjukan Sebuah mobil warga sipil Palestina mencoba melintasi Jalan Salah al-Din dan selanjutnya ditembak oleh Tank pasukan Israel di Gaza /x.com / Muqadaam/

GALAMEDIANEWS - Situasi di Gaza semakin memanas seiring dengan pergerakan tank-tank Israel yang memasuki wilayah tersebut. Pertempuran kian meluas, memisahkan utara dan selatan Jalur Gaza. Saksi mata mengatakan bahwa tank-tank tersebut mencapai pinggiran lingkungan Al-Zaytoun di Kota Gaza. Salah satu dari mereka berkata, “Mereka memblokir Jalan Salah al-Din (yang menghubungkan utara ke selatan) dan menembaki setiap mobil yang lewat di sana.”

Jalan Salah al-Din adalah jalan raya utama di Jalur Gaza. Panjangnya 45 kilometer dan membentang di sepanjang jalur tersebut, mulai dari penyeberangan Rafah di selatan hingga penyeberangan Erez di utara. Nama Jalan Saladin diambil dari nama pemimpin Muslim terkenal Saladin Al-Ayyubi.

Ini merupakan bagian dari fase kedua dari operasi militer Israel di Jalur Gaza.

Baca Juga: Mendalami Sejarah Rasisme Sebagai Dasar Berdirinya Negara Israel di Tanah Palestina

Pertempuran dan Pergerakan Tank Israel

Tank-tank Israel telah memasuki wilayah pinggiran Kota Gaza, memotong jalan utama yang menghubungkan utara dan selatan Jalur Gaza. Seiring dengan masuknya pasukan Israel, pertempuran pun semakin memanas. Para pejuang Palestina terlibat dalam pertempuran sengit melawan pasukan Israel yang mencoba mengisolasi Gaza sepenuhnya. Pihak Israel telah mengklaim telah melakukan serangan terhadap lebih dari 600 target di Gaza dalam 24 jam terakhir.

Dampak pada Penduduk

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Al Jazeera RTArabic


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah