Kolaborasi 4 Dosen Universitas Bandung Terbitkan Buku Ajar dan Referensi

- 31 Oktober 2023, 15:58 WIB
Kolaborasi 4 Dosen Universitas Bandung /Foto : Deni Supriatna /Galamedianews //
Kolaborasi 4 Dosen Universitas Bandung /Foto : Deni Supriatna /Galamedianews // /

GALAMEDIANEWS - Sebagai wujud tingkatkan kompetensi dosen, selain melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar, dosen juga dituntut untuk melakukan penelitian dan pengabdian. Selain itu dosen juga diharapkan mampu menciptakan inovasi dan meningkatkan kekayaan intelektual. Salah satu upaya untuk menciptakan kekayaan intelektual tersebut adalah dengan menulis dan menerbitkan buku.

Hal ini pula yang menjadi pemicu bagi 4 Dosen Universitas Bandung untuk menulis buku ke empat itu antara lain Dr. Deden Hadi Kushendar, M.S,i, Aep Saepudin, S.Sos , M.Si, Dana Prihadi S.E ., M.Si untuk melaksanakan salah satu kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi yakni menulis dan menerbitkan buku beISBN pada salah satu penerbit ternama di Indonesia, dan memiliki cakupan distribusi skala nasional yaitu diterbitkan oleh penerbit Megapress.

Buku teks ajar dan referensi berjudul “Manajemen Sumber Daya Manusia dan Asas Asas Manajemen “ kedua judul buku ini adalah hasil kolaborasi dosen fakultas ilmu Administrasi dan Bisnis Universitas Bandung.

Baca Juga: Hotman Paris Soroti Tugas Kepolisian Periksa Pasangan Mesum Dosen dan Mahasiswi di Lampung, Apa Dasarnya?

Menurut Deden, Menulis buku merupakan cita-cita sejak lama dan salah satu bentuk dari tanggung jawab bagi dosen yang mengampu mata kuliah tertentu.

"Mata kuliah yang sudah diampu selama ini tentu akan memberikan kita kekhususan wawasan pada bidang tertentu, sehingga memberikan kita memiliki keuntungan, dengan memiliki wawasan tersebut dapat dituang tulisan dalam buku,” ungkap Deden.

Sedangkan Dana Prihadi mengatakan memang tidak mudah untuk menulis buku, khususnya jika dihadapkan dengan rutinitas mengajar, apalagi bersamaan rutinitasnya sebagai mahasiswa yang sedang menempuh studi doktoral (S3) di Universitas Pendidikan Indonesia.

Baca Juga: Dosen Prodi Pendidikan Musik FPSD UPI Gelar Workshop untuk Guru Seni Budaya SMP se-Kabupaten Bogor

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x