Dosen Prodi Pendidikan Musik FPSD UPI Gelar Workshop untuk Guru Seni Budaya SMP se-Kabupaten Bogor

- 8 September 2023, 15:25 WIB
 Penerapan Simbol Hand sign Harmoni Tonal Untuk Angklung Iringan
Penerapan Simbol Hand sign Harmoni Tonal Untuk Angklung Iringan /UPI/

GALAMEDIANEWS – Dosen Prodi Pendidikan Musik FPSD UPI Gelar Workshop untuk Guru Seni Budaya SMP se-Kabupaten Bogor.  Adapun tema yang diusung adalah Penerapan Simbol Hand sign Harmoni Tonal Untuk Angklung Iringan.

Penerapan pengembangan simbol hand sign metode Kodaly baik dalam pembelajaran maupun pertunjukan aksidental ansambel angklung, telah disosialisasikan melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pendidikan Indonesia yang diselenggarakan atas kerjasama antara dosen Program Studi Pendidikan Musik FPSD Universitas Pendidikan Indonesia dengan Dinas dan MGMPseni Budaya Kabupaten Bogor, pada tanggal 12 juli 2023.

Tujuan dari pengabdian ini diharapkan dapat melengkapi dan memperkaya aplikasi metode symbol hand sign yang selama ini digunakan baik dalam pembelajaran maupun dalam pertunjukan aksidental ansambel angklung, sehingga Format ansambel tersebut dapat disajikan lebih lengkap dan menarik. Sedangkan tujuan khusus pelaksanaan PKM itu sendiri yaitu:

1. Meningkatkan kompetensi guru seni budaya dalam bidang teori music, tentang tangga nada

2. Major hubungannya dengan struktur tingkatan trinada (Harmoni tonal).

3. Meningkatkan kompetensi keterampilan tentang penggunaan symbol hand sign metode Kodaly dalam permainan ansambel secara menyeluruh.

Baca Juga: Bumi Siliwangi, Gedung Bersejarah yang Menjadi Ikon UPI Bandung

Materi workshop berbicara tentang penyajian ansambel angklung baik dalam pembelajaran maupun pergelaran secara aksidental, seringkali instruktur angklung atau guru menggunakan symbol hand sign metode Kodaly untuk memberikan instruksi bunyi angklung melodi yang harus dimainkan.

Penggunaan metode tersebut dalam permainnan ansambel angklung secara instan relative mudah dipahami, karena setiap pemain di samping hanya memegang satu atau dua jenis angklung melodi, secara visual dapat melihat simbol hand sign yang diperagakan melalui tangan kanan instruktur/pelatih

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: UPI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x