Ada Apa di Tanggal 14 November? Ini Peringatan dan Peristiwa yang Terjadi di 14 November Sepanjang Tahun

- 13 November 2023, 22:06 WIB
Ilustrasi: Peringatan dan Peristiwa yang Terjadi di 14 November Sepanjang Tahun
Ilustrasi: Peringatan dan Peristiwa yang Terjadi di 14 November Sepanjang Tahun / Pixabay @Clker-Free-Vector-Images/


GALAMEDIANEWS - Pada artikel kali ini kami akan membahas sejumlah peristiwa dan perayaan apa saja yang sedang di peringati setiap tahun pada tanggal 14 November, baik itu di Indonesia atau di dunia.

Pasalnya, berbagai peristiwa terjadi setiap hari di dunia dan selalu diperingati jika hari tersebut sangat penting bagi suatu wilayah atau negera. Untuk itu, kita akan mengulas peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi di tanggal 14 November.

Lantas, tanggal 14 November memperingati hari apa? Nah, berikut Galamedianews sajikan beberapa peristiwa yang sedang diperingati di Indonesia atau di dunia pada tanggal 14 November.

Tanggal 14 November Hari Apa?

1. Hari Brimob

Brimob atau Brigade Mobile pertama-tama terbentuk dengan nama Pasukan Polisi Istimewa yang berasal dari pasukan Tokubetsu Keisatsutai yang berkebangsaan Indonesia pada 1943, namun nama tersebut beralih menjadi Mobrig.

Di Indonesia, setiap tanggal 14 November akan diperingati Hari Brimob. Karena pada tanggal 14 November 1946, seluruh kesatuan Polisi Istimewa, Barisan Polisi Istimewa, dan Pasukan Polisi Istimewa dilebur menjadi Mobile Brigade (Mobrig).

Dengan begitu, tanggal tersebut kemudian diresmikan sebagai hari ulang tahun Mobrig dan tahun 1945 dijadikan tahun kelahiran Mobrig berdasarkan surat perintah Y.M. Menteri Kepala Polisi Negara No. Pol. 23 /61/ tanggal 12 Agustus 1961.

Baca Juga: 28 Oktober: Mengenang Peringatan Hari Sumpah Pemuda

2. Hari Diabetes Sedunia

Hari Diabetes Sedunia adalah sebuah kampanye kesadaran global utama yang berfokus pada diabetes mellitus, dimana akan diadakan pada tanggal 14 November setiap tahun di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x