3500 Peserta Semarakan Angklung's Day 2023 di Balai Kota Bandung

- 19 November 2023, 12:00 WIB
Para Siswa dan komunitas penggerak budaya dari dalam dan luar kota Bandung terlibat dan menyemarakan Angklung's Day 2023.
Para Siswa dan komunitas penggerak budaya dari dalam dan luar kota Bandung terlibat dan menyemarakan Angklung's Day 2023. /Galamedianews/Veronika/



GALAMEDIANEWS - Minggu, 19 November 2023, untuk ke 13 kalinya Angklung's Day diselenggarakan sebagai perayaan hari Angklung sedunia. UNESCO telah menetapkan Angklung, alat musik tradisional Jawa Barat sebagai warisan dunia tak benda.

Perayaan hari Angklung sedunia jatuh pada tanggal 16 November setiap tahunnya.
Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dalam bidang kesenian, KABUMI UPI bertindak sebagai penggagas dan penyelenggara Angklung's Day sejak tahun 2011.

Sejalan dengan visi KABUMI UPI yakni mewadahi pembinaan dan pengembangan kesenian serta menjadi pusat kesenian Indonesia bertaraf global, KABUMI UPI berinisiatif untuk memperingati hari Angklung pada bulan November setiap tahunnya.

Sebanyak 3500 peserta terdiri dari siswa siswi dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, SLB, Perguruan Tinggi dari seluruh kota Bandung beserta 94 komunitas pencinta budaya dari dalam dan luar kota Bandung berpartisipasi dalam perayaan Angklung's Day 2023 yang di gelar di pelataran Balai Kota Bandung, Minggu, 19 November 2023.

Baca Juga: Dimainkan Oleh Para Delegasi Negara Asia Afrika, Alunan Angklung Sunda Tandai Pembukaan AAF 2023

Atalia Praratya, selaku Bunda Asuh Disabilitas Jawa Barat hadir dalam selebrasi pembukaan Angklung's Day, bersama Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Jawa Barat, Ary Heriyanto. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Drs. Benny Bachtiar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Bandung, Drs. Arif Syaifudin.

Arifa Rizal Raspati, selaku Lurah KABUMI UPI dalam sambutannya mengatakan tema Angklung's Day 2023 adalah 'Membumikan Musik Angklung, Merajut Kebersamaan dalam Perbedaan; Inklusif, Ceria dan Edukatif'.

Arifa menambahkan, bahwa penyelenggaraan acara Angklung's Day 2023 mencerminkan komitmen KABUMI UPI untuk terus melestarikan musik angklung dan menciptakan ruang yang ramah dan terbuka bagi warga kota Bandung untuk juga menjaga kelestarian budaya musik angklung.

Baca Juga: Keren! Angklung Kota Bandung Bakal Tampil pada Jambore Internasional di Korea Selatan

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x