Kehadiran AI Bisa Pangkas Ribuan Pegawai? Raja Layanan Contact Center Indonesia Akui Adanya Pergeseran

- 29 November 2023, 20:51 WIB
Sejumlah pegawai layanan contact center Infomedia di Graha Merah Putih Buahbatu, Bandung.
Sejumlah pegawai layanan contact center Infomedia di Graha Merah Putih Buahbatu, Bandung. /

 

GALAMEDIANEWS - Kehadiran artificial inteligent (AI) atau kecerdasan buatan, mampu menggerus 30 persen interaksi pada layanan contact center di PT Infomedia Nusantara, yang merupakan subsidiary PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom).

Setidaknya hal tersebut diungkapkan Direktur Solution and Business Development Infomedia, Andri Wibawanto pada acara media visit di Graha Merah Putih Buah Batu, Bandung, Rabu, 5 November 2023.

Seperti diketahui, Infomedia telah bertransformasi dari "mencetak buku kuning" menjadi penyedia solusi Business Process Outsourcing (BPO) melalui kegiatan costumer relationship management (CRM) dan shared service operation.

Kini Infomedia menjadi market leader pada industri contact center dengan memiliki 680 pelanggan korporporasi dari berbagai segmen industri. Infomedia kini pun mengelola contact center dari Telkomsel, Pertamina, Garuda Indonesia, Promedia, BNI, dan banyak lainnya.

Rombongan media pun berkesempatan menyaksikan langsung kegiatan contact center dari sejumlah korporasi yang ditangani Infomedia tersebut. Contact center tersebut dilayani dari mulai hubungan telepon, WA, media sosial maupun email.

Baca Juga: Infomedia Raih Pengakuan Terbaik: Evolusi Layanan Pelanggan dan Pengelolaan Proses Bisnis dengan Adopsi AI

Dengan kecanggihan teknologi, layanan contact center kini tak hanya dilayani oleh manusia atau pegawai melainkan juga AI maupun robotik.

Ternyata pemanfaatan teknologi tersebut mampu mengurasi interaksi pegawai hingga sebesar 30 persen.

Tak hanya itu, penggunaan AI tersebut juga sangat membantu kegiatan contact center tersebut hingga lebih disukai para pelanggan Infomedia. Pasalnya, informasi menjadi lebih fokus dan tidak bias.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x