Banjir Melanda Sejumlah Wilayah, BPBD Kota Cimahi Lakukan Aksi Ini

- 7 Desember 2023, 20:31 WIB
Pemkot Cimahi lakukan aksi tanggap darurat bencana./Dok Pemkot Cimahi
Pemkot Cimahi lakukan aksi tanggap darurat bencana./Dok Pemkot Cimahi /

 

GALAMEDIANEWS - Hujan deras yang mengguyur Cimahi dan sekitarnya, Selasa 5 Desember 2023, menyebabkan sejumlah wilayah dilanda banjir, RW 02 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan mulai dari RT 01 sampai 04. Akibat bencana ini, ratusan Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir tersebut.

Menyikapi bencana banjir yang terjadi, BPBD Kota Cimahi beserta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Tim Reaksi Cepat (TRC), dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Cimahi, melakukan aksi tanggap darurat bencana.

Kepala Pelaksana BPDB Kota Cimahi, Fithriandy Kurniawan menuturkan, banjir tersebut disebabkan debit air yang melebihi daya tampung drainase dipicu hujan dengan intensitas tinggi dan adanya penyumbatan sampah.

Baca Juga: Relawan Muda Anies Baswedan di Makassar Usung Cara Kreativitas Tunjukkan Dukungan

Penanganan sementara berupa pengerukan atau pembersihan sungai dan saluran dari sedimen dan sampah di sejumlah titik segera dilakukan untuk mempercepat pengurangan debris air. Sementara itu dropping logistik tanggap darurat yang berupa makanan serta bahan-bahan makanan siap saji telah dilakukan untuk membantu masyarakat di lokasi kejadian. Assessment dampak bencana banjir yang terjadi di Kelurahan Melong Kota Cimahi, juga telah dilaksanakan oleh BPBD Kota Cimahi.

Untuk program penanganan jangka panjang, seperti dalam rilis yangn diterima galamedianews, Pemkot Cimahi akan melanjutkan koordinasi dengan Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk merealisasikan rencana pelebaran sungai, mulai dari wilayah Cigugur Tengah, Melong, Marga Asih sampai ke Sungai Citarum.

Selain program tersebut, BPBD Kota Cimahi juga akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait mitigasi bencana, terutama pada daerah terdampak dan juga di luar daerah luar daerah terdampak agar masyarakat lebih siap dalam menyikapi atau bertindak dalam keadaan bencana genangan banjir.

Baca Juga: Dada Rosada Sebut Wisuda Pertama Universitas Bandung Jadi Catatan Penting Sejarah

Fithriandy menyebutkan masyarakat yang terdampak banjir di RW 02 Kelurahan Melong dapat berobat ke Puskesmas Melong Tengah untuk mendapatkan pengobatan apabila mengalami sakit akibat banjir.

“Untuk masyarakat yang sakit terdampak banjir di RW 02 Melong, apabila berobat ke Puskesmas Melong Tengah dibebaskan biaya pengobatan sampai dengan hari Sabtu tanggal 9 Desember 2023,” tutur Fithriandy.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x