Polisi Mengungkapkan Penyelundupan Etnis Rohingya di Pidie Aceh dengan Keuntungan Rp 3 Miliar

- 9 Desember 2023, 21:45 WIB
Ilustrasi Pengungsi Rohingya/Tangkapan Layar ANTARA
Ilustrasi Pengungsi Rohingya/Tangkapan Layar ANTARA /

GALAMEDIANEWS – Polisi mengungkapkan penyelundupan etnis Rohingya ke Malaysia dari Pidie  Provinsi Aceh dengan keuntungan sekitar Rp3 Miliar, beberapa dicurigai akan kabur ke Malaysia.

 

Banda Aceh (ANTARA) – Polres Pidie menyatakan bahwa agen penyelundup etnis Rohingya memperoleh keuntungan sampai Rp3,3 Miliar dari imigran yang dibawa melalui perairan pantai Kabupaten Pidie.

“Mereka mengambil keuntungan dari setiap penumpang kapal dengan beban nominal berbeda-beda yang harus dibayar.” Menurut Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, di Pidie, Kamis. Imam menghitung, bayaran yang harus dilunaskan kepada para pengungsi tersebut bervariasi, seperti anak-anak sebesar 50.000 Taka atau sekitar Rp7 juta dan bagi orang dewasa sebesar 100.000 Taka atau sekitar Rp14 juta.

“Jika ditotalkan agen meraup keuntungan dari hasil kejahatan praktik penyelundupan tersebut bila dihitung kurs Indonesia sebesar Rp 3,3 miliar,” katanya.

Imam menjelaskan, terbongkarnya penyelundupan tersebut setelah Polres Pidie menangkap Husson Muktar (70) laki-laki kelahiran Sokoreya Bangladesh yang tinggal di Corg Bazer, Moloi Para Word, Bangladesh dan mempunyai kartu UNHCR dengan kode B0201762.

HM diduga melakukan perbuatan ini bekerja sama dengan beberapa orang, diantaranya Zahangir, Saber dan tiga diantaranya masih belum teridentifikasi. Mereka melarikan diri saat kapal mengangkut Rohingnya yang hendak mendarat di pesisir pantai Gampong Blang Raya Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie.

“Agen Zahangir, Saber, Husson Muktar dan 3 lainnya yang tidak diketahui tersebut ikut turun dari kapal dan melarikan diri ke arah hutan,” menurutnya. Sementara itu Husson, lanjut Kapolres, tidak berhasil lolos dari kejaran masyarakat dikarenakan kondisinya yang sudah tua sehingga tenaga untuk berlari sudah tidak kuat. Akhirnya ditangkap oleh warga dan dikumpulkan di pinggir pantai bersama dengan rombongan etnis Rohingya.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Pikiran Rakyat ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x