Bawaslu KBB Nilai Debat Perdana Capres 2024, Beri Pengetahuan Bagi Rakyat Soal Sadar Politik

- 14 Desember 2023, 11:29 WIB
Ketua Bawaslu KBB, Riza Nasrul Falah menilai debat perdana Capres 2024 /Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS //
Ketua Bawaslu KBB, Riza Nasrul Falah menilai debat perdana Capres 2024 /Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS // /

 

GALAMEDIANEWS - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Riza Nasrul Falah menilai Debat perdana Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebagai Insight bagi masyarakat dalam menentukan calon pemimpin di Indonesia. 

Menurutnya, dalam debat perdana Capres 2024 tersebut mengusung tema-tema penting. Sehingga, masyarakat diberikan keleluasaan untuk menentukan pilihan masing-masing calon presiden (Capres) yang akan memimpin rakyat Indonesia ke depannya.

Selain itu, kata Riza, debat perdana Capres telah diatur dalam Undang-undang (UU) Pemilu. Dan terkait materi yang diujikan kepada setiap peserta debat, merupakan domain Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

"Debat perdana Capres, pengawasannya juga dilakukan Bawaslu RI," kata Riza saat ditemui, Rabu, 13 Desember 2023. 

Baca Juga: TKD Jabar Prabowo-Gibran Gelar Nonton Bareng Debat Pilpres 2024

Dijelaskan Riza, Debat Capres di Kantor KPU RI, Jakarta pada Selasa, (12/12) malam telah memberikan efek positif bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang menantikan pelaksanaan debat selanjutnya.

"Tentunya, debat semalam ada pointnya ke masyarakat juga, bahwa melihat sosok pemimpin itu seperti apa dari visi misi dan sebagainya, bukan gimik," ucapnya. 

Pada pelaksanaan Debat Capres perdana, Riza menyampaikan, peserta debat saling mengadu gagasan dan isu-isu situasi nasional, termasuk masalah Ibu Kota Nusantara yang sudah menjadi UU. 

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x