1.280 Pohon Ditanam Sebagai Simbol Perayaan Ulang Tahun Bank BRI ke-128

- 18 Desember 2023, 10:29 WIB
BRI Ventura Investama (BRI Ventures) bersama Riung Rimbaraya Indonesia menginisiasi program Adopsi Hutan melalui penanaman 1.280 pohon di kaki gunung Pangrango
BRI Ventura Investama (BRI Ventures) bersama Riung Rimbaraya Indonesia menginisiasi program Adopsi Hutan melalui penanaman 1.280 pohon di kaki gunung Pangrango /Dok. Rimbaraya/

GALAMEDIANEWS- BRI Ventura Investama (BRI Ventures) bersama Riung Rimbaraya Indonesia menginisiasi program Adopsi Hutan melalui penanaman 1.280 pohon di kaki gunung Pangrango, Desa Citeko, Bogor, Jawa Barat. Inisiatif tersebut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendukung pelestarian alam dan lingkungan.

Penanaman 1.280 pohon dipilih sebagai simbol perayaan ulang tahun ke-128 Bank BRI, yang melibatkan BRI Ventures sebagai Perusahaan Anak Bank BRI. Program ini juga sesuai dengan misi Riung Rimbaraya Indonesia sebagai mitra utama yaitu membangun program menjaga hutan dan lingkungan dengan meningkatkan partisipasi berbagai pihak untuk turut andil dalam upaya pembangunan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim.

Lokasi penanaman di Desa Citeko, Puncak Bogor, sangat strategis untuk upaya mitigasi jangka panjang dalam mengurangi dampak longsor dan banjir. Hal ini karena secara geografis kawasan Bogor lebih tinggi dibandingkan Jakarta yang merupakan kota metropolitan dan Ibu Kota Negara.

Dengan demikian, pohon-pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan subur dan mampu menjaga ketahanan tanah dan juga sebagai sumber cadangan air untuk masyarakat sekitar Bogor dan DKI Jakarta.

Baca Juga: Persib Bandung Tak Kunjung Rekrut Pemain Baru Jelang Penutupan Bursa Transfer Pemain Putaran Kedua BRI Liga 1

Kegiatan Adopsi Hutan ini akan dilakukan mulai dari kegiatan penanaman pohon secara bertahap mulai dari 16 Desember 2023 hingga akhir tahun ini, kemudian dilanjutkan kegiatan pemeliharaan dan monitoring pohon selama satu tahun oleh berbagai pihak, yaitu Riung Rimbaraya, para penjaga hutan, dan masyarakat setempat.

Berbagai pihak dilibatkan agar terbangun keberlanjutan dari program ini. Pohon yang ditanam adalah pohon kayu yang terdiri dari Durian, Sengon, Mahoni, Alpukat, Jambu, Sirsak, Meranti, dll. Harapannya pohon-pohon tersebut dapat berdampak positif untuk pelestarian alam dan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan ketika berbuah dapat dimanfaatkan hasilnya oleh masyarakat sekitar..

“Semoga kegiatan penanaman pohon ini dapat memberikan kontribusi positif untuk pelestarian hutan Indonesia, mendukung keberlanjutan lingkungan, dan memberikan manfaat jangka panjang bagi ekosistem.”, Ujar Bapak Nicko Widjaja selaku Direktur Utama BRI Ventures.

Baca Juga: Pelaku Usaha Bisa Dapat Pinjaman Rp1 Miliar Tanpa Jaminan dari Bank BRI, Cukup Ikuti Langkah Berikut Ini

Adanya implementasi program CSR di Desa Citeko berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem bumi dan partisipasi masyarakat agar terlibat aktif dalam kegiatan positif ini. Dukungan perusahaan, mitra, maupun masyarakat dapat menciptakan kolaborasi yang bermanfaat untuk bumi dan hutan di masa depan.***

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x