Pelaku Usaha Bisa Dapat Pinjaman Rp1 Miliar Tanpa Jaminan dari Bank BRI, Cukup Ikuti Langkah Berikut Ini

- 20 November 2023, 15:05 WIB
Ilustrasi pinjaman modal.
Ilustrasi pinjaman modal. /Mufid Majnun/unsplash/

GALAMEDIANEWS - Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan sebuah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan memberikan akses yang lebih mudah terhadap fasilitas kredit. Program ini dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu bank penyalur KUR terbesar di Indonesia. Aplikasi Pasar Rakyat Indonesia (PARI) pun menjadi salah satu upaya kontribusi BRI dalam menyalurkan KUR untuk masyarakat.

Aplikasi PARI merupakan salah satu solusi bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usaha.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan pelaku usaha bisa mendapatkan meminjam hingga Rp 1 miliar tanpa dimintai jaminan melalui aplikasi tersebut. Namun hal itu jika tidak memiliki potensi risiko skoring.

"Apabila dalam penilaian skoring tidak ditemukan adanya potensi risiko, maka tidak diperlukan agunan tambahan. Cukup dengan penguasaan cash flow debitur saja. Contohnya saat ini BRI telah memiliki PARI (Pasar Rakyat Indonesia), platform aplikasi digital marketplace komoditas pangan besutan BRI untuk pelaku usaha. Aplikasi dapat diunduh melalui Play Store," ungkap Supari dalam keterangan tertulisnya, Senin, 20 November 2023.

Baca Juga: BUTUH Pinjaman Dana? KUR BRI Masih Buka, Simak 3 Jenis Pinjaman dan Syaratnya

Penyaluran KUR ini, lanjut dia, bukan merupakan hibah atau bantuan pemerintah, melainkan merupakan dana yang diberikan 100% dari pihak bank atau penghimpun dana masyarakat. Sehingga dalam hal ini BRI memegang prinsip kehati-hatian dan asas prudential banking.

"Sehingga penyaluran KUR harus dapat dipertanggungjawabkan, dan harus tetap dijaga kualitas kreditnya," pungkas Sapari.

PARI adalah platform aplikasi digital marketplace komoditas pangan yang saat ini telah membantu lebih dari 18.000 petani, peternak, dan petambak menjual hasil produksi tani, ternak, maupun tangkapan laut kepada lebih dari 50.000 pembeli komoditas pangan di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: BRI demakkab.go.id PARI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x