Wilayah-wilayah yang Berpotensi dilanda Hujan Lebat pada Sabtu 30 Desember 2023

- 30 Desember 2023, 09:40 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan lebat /Pixabay/Adege

GALAMEDIANEWS - Sebagian provinsi di Indonesia berpotensi diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada Sabtu 30 Desember 2023.

Dikutip dalam laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang yakni Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu.

Kondisi yang sama diprediksi terjadi di DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung.

Baca Juga: Mudah Membuatnya, Resep Mie Goreng Kampung yang Bikin Ketagihan ala Rudy Choirudin

Selanjutnya ada Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengimbau, masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Khusus untuk daerah bertopografi curam, bergunung, tebing atau rawan longsor dan banjir, masyarakat setempat diminta untuk tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x