Jumlah Rumah yang Rusak dan Warga yang Mengungsi Akibat Gempa Sumedang

- 1 Januari 2024, 16:27 WIB
Suasana di tenda pengungsian pasca gempa Sumedang.
Suasana di tenda pengungsian pasca gempa Sumedang. /kabar-sumedang.com/Taufik Rohman/

GALAMEDIANEWS - Gempa bumi yang melanda di Sumedang di penghujung 2023 dan awal 2024 mengakibatkan 248 rumah rusak dan 456 warga harus mengungsi. Gempa tersebut akibat adanya aktivitas sesar aktif Cileunyi-Tanjungsari.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin usai meninjau dampak Gempa Sumedang di RSUD Sumedang merinci, berdasarkan data yang diterimanya, ada 138 rumah rusak ringan, 110 rumah rusak berat, 456 warga mengungsi. Selain ini 11 orang mengalami luka ringan, dengan dua orang di antaranya dirawat di RSUD Sumedang dan RS Santosa Bandung.

"Menurut laporan ada 138 rumah rusak ringan, 110 rusak berat, dan 456 pengungsi. Korban jiwa tidak ada, hanya luka ringan 11 orang dan dua orang di antaranya dirawat di RSUD Sumedang dan Santosa Bandung, sisanya sudah pulang ke rumah masing-masing," kata Bey seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Ganjar - Mahfud Didukung Diaspora Indonesia di Iran Diwujudkan dengan Warung D3mokrasi

Di RSUD Sumedang sendiri, akibat gempa berkekuatan 4,8 magnitudo tersebut, sebanyak 108 pasien harus dievakuasi dan dirawat di halaman depan RSUD Sumedang. Sementara 45 pasien lainnya di halaman belakang.

Menurut Bey, mereka tetap ditangani secara intensif, karena keselamatan dan ketenangan pasien menjadi prioritas.

Bey menuturkan, Gempa yang mengguncang Sumedang terjadi lima kali, yakni pada 31 Desember 2023 dan tanggal 1 Januari 2024 dini hari. Namun setelah gempa yang ketiga atau puncaknya dengan magnitudo 4,8 pada pukul 20.30 WIB, guncangan gempa berangsur mengecil yakni berada di kekuatan magnitudo 2.

Setelah meninjau kondisi di RSUD Sumedang, Bey meninjau kondisi permukimam warga yang terdampak gempa cukup parah, tepatnya di Perum Babakan Hurip Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara.

Baca Juga: Tempat Wisata Keluarga Hits Cocok Buat Libur Tahun Baru di Malang Batu Secret Zoo, Bisa Beri Makan Hewan Lucu

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah