Pj Gubernur Jabar: Daging Anjing Bukan untuk Dikonsumsi!

- 17 Januari 2024, 09:55 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin. /B. Hartati/

GALAMEDIANEWS - Penjabat Gubernur, Bey Machmudin menuturkan, Jawa Barat sejauh ini memang dikenal sebagai daerah pemasok anjing pemburu.

Namun, Bey memastikan Jawa Barat bukan menjual anjing untuk kemudian dagingnya dikonsumsi. Bey mengakui beberapa anjing di Jawa Barat banyak dikirim ke daerah lain untuk berburu.

Bey mengatakan, jual beli anjing di Jawa Barat diperuntukkan sebagai pemburu. Artinya, bukan dijual untuk dimanfaatkan dagingnya kemudian dikonsumsi oleh oknum tertentu.

"Diluruskan bahwa bukan daging anjing tapi anjing pemburu, disini memang anjing pemburu itu hanya dikirim ke Sumbar dan kalau daging itu ke UU pangan anjing bukan termasuk pangan, jadi ilegal," tutur Bey di Gedung Sate, Rabu, 17 Januari 2024.

Dipastikan Bey, peredaran daging anjing di Jawa Barat merupakan praktik ilegal. Pasalnya, anjing diperjualbelikan hanya untuk berburu bukan sebagai konsumsi pangan masyarakat.

Adapun jika ada yang melakukan jual beli anjing untuk dimanfaatkan sebagai pangan, maka akan dipidana.

"Iya yang ilegal jadi pidana. Kami juga memerlukan masukan masyarakat segera laporkan ke kami jika menemukan hal itu karena secara hukum tidak bisa dibenarkan," katanya.

Bey menambahkan, Pemprov Jawa Barat juga melakukan pengawasan terhadap peredaran oknum yang menjual anjing sebagai konsumsi. Dia menyatakan, daging anjing tidak bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

"Di sini itu yang ada adalah anjing pemburu, daging anjing sama sekali tidak. Itu bukan pangan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x