Syarat Penerima BLT El Nino 2024 Sebesar Rp1.2 Juta, Penyaluran Dilakukan Hingga Juni Nanti

- 23 Januari 2024, 12:10 WIB
Ilustrasi BLT El Nino, cair hingga Juni 2024/Instagram @bank_indonesia / Kolase Putri Ari @Galamedianews
Ilustrasi BLT El Nino, cair hingga Juni 2024/Instagram @bank_indonesia / Kolase Putri Ari @Galamedianews /

GALAMEDIANEWS – Kabar baik untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino lantaran pemerintah akan melakukan perpanjangan pencairan Bantuan Sosial (Bansos) ini hingga Juni 2024 nanti.

Berikut syarat daftar penerima Bantuan Sosial (Bansos) Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino yang digelontorkan pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak fenomena El Nino. fenomena ini menyebabkan terjadinya kekeringan dan kenaikan harga bahan pokok.

Bansos BLT El Nino 2024 ini akan disalurkan dalam bentuk uang tunai yang diberikan kepada masyarakat miskin untuk mengurangi dampak kenaikan harga pangan yang disebabkan adanya bencana El Nino yang menyebabkan kekeringan dan gagal panen.

Baca Juga: Ingin Terima Bansos? Simak Cara Daftar Lewat Aplikasi dengan Mudah Tanpa Ribet

Sebelumnya BLT El Nino ini berhasil disalurkan pada November-Desember 2023 lalu kepada 18,8 juta KPM yang disalurkan setiap dua bulan sekali.

Setiap pencairan dana, KPM BLT El Nino akan mendapatkan dana sebesar Rp200.000 per bulan untuk periode dua bulan penyaluran, sehingga total dana yang akan diterima sebesar Rp 400.000 per KPM.

Pada tahun 2024 ini, pemerintah akan menggelontorkan BLT El Nino dari bulan Januari hingga bulan Juni 2024. Sehingga secara keseluruhan, KPM akan menerima dana sebesar Rp1,2 juta per KPM.

Namun, tidak semua KPM akan menerima dana BLT El Nino ini. Ada beberapa kriteria dan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh penerima manfaat untuk bisa mendapatkan bantuan ini.

Diantaranya adalah KPM tercatat aktif terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), KPM terdaftar sebagai peserta penerima BPNT murni atau BPNT plus PKH, KPM merupakan penerima bansos yang baru cair di tahap terakhir tahun 2023 yang lalu, KPM masuk dalam data aktif kehadiran di pertemuan kelompok BPNT.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x