Kini Ada Kereta Api Jakarta-Banjar, Bey Machmudin: Bisa Dongkrak Wisatawan

- 25 Januari 2024, 10:13 WIB
Peresmian KA Pangandaran yang mulai beroperasi.
Peresmian KA Pangandaran yang mulai beroperasi. /Pikiran Rakyat/Novianti Nurulliah/

GALAMEDIANEWS - Dua kereta api baru untuk wilayah Jawa Barat. PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir (PP), KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir (PP).

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin berharap, pengoperasian dua kereta ini bisa turut memperkuat konektivitas dan membangkitkan perekonomian masyarakat di wilayah Garut dan Banjar.

"Dioperasikannya KA Papandayan dan Pangandaran barang tentunya akan memperkuat konektivitas antar kota dan antar daerah di Jawa Barat serta membuka lebih banyak lagi pintu keluar untuk pertumbuhan ekonomi," tutur Bey dalam kegiatan peresmian pengoperasian KA Papandayan dan Pangandaran di Garut, Rabu, 24 Januari 2024.

Ditambahkan Bey, Kabupaten Garut merupakan daerah yang kental dengan sektor pariwisata. Dia meminta agar Pj Bupati Garut turut memanfaatkan kesempatan ini untuk memajukan perekonomian warga khususnya di sektor pariwisata.

"Kabupaten Garut ini sangat terkenal dengan pariwisatanya dan juga kulinernya ada dodol dan burayot. Ini semuanya berasal dari Garut," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran KA Papandayan dalam rangka memberikan pilihan perjalanan KA kepada pelanggan kereta api khususnya dari Stasiun Garut ke Gambir.

"Untuk Stasiun Garut ke Gambir selama ini hanya dilayani oleh KA Cikuray relasi Garut-Cibatu-Kiaracondong-Pasarsenen," ujar Didiek.

Adapun peluncuran KA Pangandaran memberikan pilihan bagi pelanggan KA dari arah Jakarta menuju Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar atau sebaliknya. Didiek memastikan, KAI terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui dua kereta baru ini.

"Peluncuran KA-KA baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api," kata dia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x