Linux Garuda, Sistem Operasi yang Sering Dikira Berasal dari Indonesia

- 29 Januari 2024, 13:17 WIB
Situs garudalinux.org untuk Unduh Sistem Operasi Linux Garuda.
Situs garudalinux.org untuk Unduh Sistem Operasi Linux Garuda. / garudalinux.org/

GALAMEDIANEWS - Selain Windows, Linux menjadi sistem operasi yang cukup banyak digunakan pengguna laptop atau komputer desktop. Linux terdiri dari berbagai jenis. Salah satunya yaitu Linux Garuda. 

Nah, banyak orang yang mengira bahwa Linux Garuda itu karya anak bangsa. Dengan kata lain, merupakan buatan Indonesia. Tentu saja, karena ada kata Garuda. Logo sistem operasi ini pun menggunakan gambar burung tersebut. 

Apakah Anda pun menduga bahwa Linux Garuda itu buatan dalam negeri? Pandangan ini sebenarnya keliru. Sebabnya, Linux Garuda itu sebenarnya berasal dari India. Bukan berasal dari dalam negeri.

“Linux Garuda itu diprakarsai orang India. Ada juga programmer-nya yang dari luar India. Mulai dikembangkannya dari tahun 2020. Ada kata Garuda belum tentu dari Indonesia. Jadi orang kira Linux Garuda dari Indonesia. Padahal, nggak. Orang-orang IT juga ada yang mengira begitu,” tutur Ardy Syarief, seorang praktisi IT.

“Ada juga film Garuda judulnya dari Thailand. Ceritanya sama sekali nggak ada kaitannya dengan Indonesia. Ada burung Garuda di situ,” tambahnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Gmail Melalui HP hingga PC

Dilansir dari situs britannica.com, garuda itu hewan mitologis yang ada di dalam agama Hindu. Hewan ini berbentuk burung elang. Garuda yang memiliki sayap besar dan panjang pun disebutkan sebagai alat transportasi Dewa Wisnu. 

Bila ingin menggunakan Linux Garuda, bisa mengunduhnya dari situs garudalinux.org

Meskipun kata Garuda tak selalu identik dengan Indonesia, kata Garuda pernah digunakan sebagai nama sistem operasi buatan dalam negeri. Namun, karena tak ada peminatnya, sistem operasi pun tamat riwayatnya. 

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Britanica Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x