Dompet Dhuafa Jabar Gencarkan Program Ketahanan Pangan Keluarga

- 24 September 2020, 09:22 WIB
/

GALAMEDIA - Dompet Dhuafa Jabar melalui Aksi Peduli Dampak Corona semakin menggencarkan program Ketahanan Pangan Keluarga kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Kali ini Dompet Dhuafa Jabar menggulirkan program di wilayah RW 05, kelurahan Cikutra, kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung pada Rabu 23 September 2020.

Program ini lanjutan program Ketahanan Pangan Keluarga yang diinisiasi pertama kali di kelurahan Jatihandap, Mandalajati, Kota Bandung dan desa Lame, Leuwimunding, Kabupaten Majalengka.

Program Ketahanan Pangan Keluarga ini dilaksanakan berupa penyerahan dua jenis bantuan, yaitu Kebun Pangan Hidroponik dan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber). Bantuan tersebut diberikan kepada 50 kepala keluarga di wilayah RW 05, kelurahan Cikutra, kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Baca Juga: Masih Bingung Apa Itu Deals Sekitarmu ShopeePay? Simak Tips & Triknya

"Aksi Peduli Dampak Corona adalah salah satu ikhtiar Dompet Dhuafa Jabar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Melalui program Kebun Pangan Keluarga dan Budikdamber ini masyarakat didorong untuk melaksanakan anjuran pemerintah untuk beraktivitas di rumah. Masyarakat juga diberikan kegiatan yang positif dan produktif selama mereka di rumah," ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah dalam siaran persnya, Kamis 24 September 2020.

Lebih lanjut Andriansyah menjelaskan bantuan yang diberikan menyesuaikan dengan ketersediaan lahan di lokasi sasaran. Wilayah RW 05 Jl. Asep Berlian termasuk wilayah padat penduduk di tengah perkotaan sehingga bantuan paket ketahanan pangan berupa paket berkebun hidroponik menggunakan media baki dengan sumbu kain flanel dan budidaya ikan lele dalam ember yang akan didampingi oleh Pendamping Program sampai panen.

“Untuk tahap kedua ini polanya lebih banyak budikdamber dan ditambah dengan hidroponik. Jumlah bantuan yang diterima satu penerima manfaat mendapatkan 2 ember budikdamber dengan kapasitas 50-80 bibit lele per ember ditambah bantuan 2 baki hidroponik. Tujuan kami memperbanyak jumlah bantuannya, diharapkan penerima manfaat dapat lebih banyak panennya dan mendapatkan pangan secara berkelanjutan. Bahkan diharapkan setiap PM bisa berbagi dengan tetangganya ketika sudah panen," terangnya.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Kamis 24 September 2020

Camat Kecamatan Cibeunying Kidul, Aris Rusdianto menyambut baik Program Aksi Peduli Dampak Corona Dompet Dhuafa Jabar karena hal ini sejalan dengan program pencegahan dampak Corona di wilayah Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x