SIMAK! Jadwal Pencairan Bansos PKH dan BPNT 2024 Tahap 1, Saldo Sudah Masuk Rekening KPM

- 6 Februari 2024, 14:10 WIB
Ilustrasi Bansos PKH dan BPNT cair Februari 2024.
Ilustrasi Bansos PKH dan BPNT cair Februari 2024. /Instagram @bank_indonesia/ Kolase Putri Ari Dhani @GalamediaNews/

GALAMEDIANEWS – Bansos pemerintah untuk program Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap 1 tahun 2024 telah disalurkan kepada penerima manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pencairan bansos PKH dan BPNT dilakukan dengan dua metode pencairan, yaitu melalui pemanfaatan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dikeluarkan oleh Bank Himbara (BNI, BRI, BSI, dan Mandiri) dan juga melalui PT Pos Indonesia.

Ada beberapa bansos yang dikabarkan akan cair pada Februari 2024 ini, termasuk diantaranya adalah bantuan pemerintah untuk program PKH dan BPNT.

Untuk penyaluran bansos  PKH, penyaluran tahap 1 ini nantinya hanya akan mencakup dua bulan penyaluran, yaitu untuk periode bulan Januari dan Februari 2024.

Sedangkan untuk jenis bansos BPNT, penyaluran tahap 1 hanya mencakup satu bulan, yaitu bulan Januari 2024 dengan besaran Rp200.000.

Kebijakan ini sebagaimana disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengatakan bahwa pencairan PKH dan BPNT tahap 1 2024 akan dilakukan sebelum Idul Fitri, yang jatuh pada akhir Maret 2024.

Selain PKH dan BPNT, KPM juga akan mendapatkan dana bantuan tambahan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp 600.000 per KPM untuk periode Januari, Februari, dan Maret.

Baca Juga: Kabar Baik! Daftar 5 Bansos Akan Segera Cair Februari 2024, Cek Daftar Penerima Di Sini

Bantuan ini merupakan pengganti dari bansos BLT El Nino yang diberikan pada akhir tahun 2023 lalu. Pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan dilakukan bersamaan dengan pencairan bansos PKH dan BPNT tahap 1 2024.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x