Antisipasi Pemilu, Puskesmas di Bandung Siaga 24 jam

- 13 Februari 2024, 07:28 WIB
Puskesmas di Bandung siaga 24 jam/bandung.go.id
Puskesmas di Bandung siaga 24 jam/bandung.go.id /

GALAMEDIANEWS – Antisipasi dilakukan oleh tenaga medis di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Bandung dalam menghadapi Pemilu. Selama dua hari dari tanggal 14 Februari sampai 15 februari 2024. Terdapat 80 puskesmas yang akan buka selama dua hari ini dan akan ada 8 puskesmas yang tetap beroperasi 24 jam hingga tanggal 16 Februari 2024.

Pj. Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono berkata “Kami ingin agar para petugas penyelenggara pemilu bisa tetap terjaga. Oleh karena itu, Pemkot Bandung menyediakan layanan faskes 24 jam. Kami juga memberikan suplemen bagi para penyelenggara agar bisa bekerja lebih optimal”. Pesan ini disampaikan di Bandung pada Tanggal 12 Februari 2024.

Baca Juga: 19.750 Personel Gabungan Amankan Pencoblosan Pemilu 2024, Bey Machmudin: Ciptakan Lingkungan Kondusif

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian menyatakan puskesmas mulai beroperasi 24 jam pada 14 Februari 2024 mulai dari pukul 10.00 WIB hingga tanggal 15 Februari 2024 di pukul 22.00 WIB. “Pada 16 Februari, ada 8 purkesmas yang tetap buka untuk mengantisipasi jika ternyata masih ada kegiatan pemilu. Kami siap memberikan bantuan dan pertolongan jika ada yang membutuhkan tenaga medis,” ujar Anhar.

Menurutnya, Sebanyak 57.084 petugas pemilu telah diskrining kesehatannya oleh tenaga kesehatan puskesmas. “Para petugas ini terdiri dari KPPS, Bawaslu, dan linmas. Hasilnya sebanyak 2.913 orang terindikasi hipertensi, 32 orang terindikasi stroke, 115 orang terindikasi memiliki penyakit jantung, dan 670 terindikasi memiliki gangguan mental emosi,” imbuhnya.

Anhar menambahkan, hal ini bisa menjadi potensi masalah jika tekanan pekerjaan dan kondisi fisik para petugas melemah. Sehingga ia berharap, pihak kewilayahan juga turut membantu dalam hal kewaspadaan.

Vitamin telah terdistribusi ke seluruh puskesmas. Para petugas puskesmas telah mendistribusikan suplemen tersebut ke petugas KPPS, linmas, Babinsa, Babinkamtibmas, dan petugas kewilayahan yang terlibat intens dalam pelaksanaan pemilu. Jumlah vitamin yang diberikan Dinkes Kota Bandung bisa dikonsumsi dari tanggal 15 Februari 2024.

Baca Juga: Bey Machmudin Minta Bawaslu Jabar Masif Pastikan Tak Ada Kecurangan Pemilu

Tahun ini pelaksanaan Pemilu lebih siap dan didukung dengan tenaga medis yang akan mendukung keberlangsungan secara kesehatannya. Tidak saja dilihat dari persiapan logistik, Pemerintah Kota Bandung juga menyediakan fasilitas kesehatan yang sangat memadai untuk menunjang pemilu akbar 2024. Jangan sampai kejadian yang pernah terjadi pada pemilu 5 tahun silam tidak terulang kembali pada pemilu sekarang. ***

Editor: Feby Syarifah

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x