Lucu, Software Pengganda Bitcoin Pernah Ada

- 13 Februari 2024, 18:30 WIB
Untuk  mencuri Bitcoin penjahat siber melakukan segala upaya.
Untuk mencuri Bitcoin penjahat siber melakukan segala upaya. /Pixabay/ @Tumisu, /

GALAMEDIANEWS -  Seiring dengan semakin dikenalnya uang kripto Bitcoin oleh masyarakat dunia, penjahat siber pun bermunculan untuk mencurinya. Mereka berupaya memperdaya korbannya untuk mencuri Bitcoin. Tindakan menipu pemilik uang kripto untuk mencurinya biasa disebut scam.

Salah satu kejahatan tersebut yaitu video software Bitcoin Generator yang pernah muncul di YouTube pada tahun 2019 silam. Sesuai namanya, software ini dijelaskan mampu menggandakan uang kripto termasuk Bitcoin hingga berkali-kali lipat

Padahal, fungsinya sesungguhnya tak demikian. Menggandakan uang kripto termasuk Bitcoin apalagi hingga berkali-kali lipat sangat tak mungkin.

Baca Juga: Pemilik Bitcoin Harus Memikirkan Siapa Pewarisnya

Software ini sesungguhnya dirancang untuk mencuri Bitcoin Bagi kalangan pemula, tak tertutup kemungkinan bisa saja tertipu. Selain mencuri Bitcoin, mampu juga mencuri uang kripto lainnya seperti Ethereum, Stellar, Monero, dan LiteCoin.  Uang kripto selain Bitcoin biasa disebut altcoin.

Menariknya, tertera juga panduan untuk meng-install software tersebut. Setelah penggunanya meng-installnya, program jahat beraksi di dalam sistem komputer atau smartphone tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Selain mencuri data-data terkait kepemilikan uang kripto, mencuri juga data-data lainnya seperti data-data terkait pengguna komputer dan akun media sosial.

Software Bitcoin Generator Termasuk Trojan

Bila diklasifikasikan, software Bitcoin Generator termasuk trojan. Secara mendasar, trojan yaitu program jahat yang disusupkan dalam sistem komputer.

Baca Juga: Crypto Bubble: Aplikasi Tampilkan Nilai Bitcoin di Layar Smartphone Secara Update

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: newsbtc.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x