Penyebab CV Selalu Ditolak oleh Perusahaan, Berikut Tips agar CV Diterima

- 29 Februari 2024, 07:47 WIB
Penyebab CV selalu ditolak oleh perusahaan/ Gambar proses sdm Pixabay @jaydeep_/
Penyebab CV selalu ditolak oleh perusahaan/ Gambar proses sdm Pixabay @jaydeep_/ /

GALAMEDIANEWS – CV adalah dokumen yang selalu menjadi syarat kita memperkenalkan diri, kepada perusahaan yang akan kita lamar. Penyebab mengapa lamaran sering ditolak perusahaan, atau bahkan setelah mengirim lamaran tidak pernah mendapat panggilan interview dari perusahaan. Tips berikut didapatkan oleh salah satu human resources, dan sekarang akan kita bahas agar kita mengetahui tips ini.

  1. ApplyTanpa Surat Lamaran

Hingga hari ini masih kerap didapati diantara para pelamar kerja yang, jika memasukan lamaran itu tidak menggunakan kata pengantar ataupun surat lamaran. Baik itu lamaran secara langsung dan terutama melalui, email kata pengantar atau surat lamaran itu wajib. Dikarenakan agar HR mengetahui jika kita mengirim email dengan tujuan tertentu, dan juga melamar untuk di posisi tertentu pula.

  1. CV atau Lamaran melaui Email Tidak Menggunakan Format yang Ditentukan

Terdapat beberapa perusahaan yang syarat pendaftarannya, mengirimkan CV melalui email dengan format biasanya nama underscore posisi atau yang lainnya. Hal tersebut adalah wajib kita isi sesuai dengan, format yang diminta oleh perusahaan. Karena yang kita tahu apabila kita masukan ke perusahaan besar, itu tidak mungkin yang melamar itu hanya satu orang.

Baca Juga: Minat, Lowongan CPNS IKN 2024 Pendaftaran Sudah Dibuka 200 Ribu untuk Fresh Graduate

Sehingga hal tersebut adalah salah satu teknik perusahaan, menyeleksi kandidat yang melamar. Sehingga jika kita tidak memakai format yang telah ditentukan, bisa jadi lamaran kita dilewati oleh perusahaan, atau tidak dibaca oleh perusahaan.

  1. Harus Melamar Pekerjaan Sesuai Kualifikasi

Kerap ditemui banyak dari pelamar yang asal memasukan lamaran, tanpa dibaca dan dipahami kualifikasinya seperti apa. Membaca kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan, apakah telah sesuai dengan kemampuan kita sebagai pelamar. Kemampuan dalam hal teknis pun harus diperhatikan, dan biasanya dibuktikan dengan sertifikat keahlian.

Sehingga apabila kualifikasi pelamar tidak memenuhi maka, perusahaan akan menggugurkan lamaran tersebut. Kualifikasi pengalaman bekerja kadang diabaikan oleh para pencari kerja, dengan kualifikasi baru lulus pendidikan. Jika hal tersebut dilakukan maka sudah pasti, CV atau lamaran tersebut akan tertolak.

  1. Wajib menggunakan CV ATS

Saat ini perusahaan-perusahaan besar maupun BUMN, Startup dan lainnya kebanyakan sudah menggunakan sistem ATS. Hal tersebut dilakukan karena orang yang melamar tidak mungkin satu orang, pasti banyak orang dan tidak mungkin HRD membaca CV satu per satu. Sehingga menggunakan Applicant Tracking System (ATS), untuk menyeleksi CV yang masuk.

CV ATS merupakan CV yang dibuat khusus untuk terdeteksi di Applicant Tracking System ataupun sistem ITS. Biasanya CV ATS mengandung informasi tentang kualifikasi, pengalaman, keahlian dengan menggunakan kata kunci. Sehingga ketika membuat CV ATS buatlah kata kunci sebanyak mungkin, dan pastinya harus sesuai dengan posisi yang dilamar.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Tiktok @tinaarstn_


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x