Innalillahi Wainna Illaihi Rodjiun, Telah Berpulang ke Rahmatullah Solihin GP Mantan Gubernur Jawa Barat ke 8

- 5 Maret 2024, 07:39 WIB
Innalillahi waainna illaihi rodjiun, telah emninggal dunia Letjen TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara, yang akrab disapa Mang Ihin, Selasa 5 Maret 2024.
Innalillahi waainna illaihi rodjiun, telah emninggal dunia Letjen TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara, yang akrab disapa Mang Ihin, Selasa 5 Maret 2024. /GALAMEDIANEWS/Heriyanto/

GALAMEDIANEWS – Jawa Barat kembali kehilangan tokoh dan putera terbaiknya. Setelah kepergian Uu Rukmana pada Minggu 3 Maret 2024, pada Selasa 5 Maret 2024 kembali seorang tokoh Jawa Barat, Sesepuh Jawa Barat dan juga Sesepuh Urang Sunda, Letjen TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara, wafat.

Almarhum, Solihin GP yang akrab disapa Mang Ihin karena dikenal sangat merakyat meninggal pada pukul 03.09 WIB di Rumah Sakit Advent Bandung. “Innalillahi wainna ilaihi rojiun allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fu anhu. Telah berpulang ke Rahmatullah seorang putra terbaik Jawa Barat, Sesepuh Jawa Barat dan juga Sesepuh Urang Sunda, Letjen TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara, yang akrab disapa Mang Ihin, Selasa 5 Maret 2024,” demikian pesan singkat melalui WA dari Nata Nagara.

Disampaikan Nata Nagara almarhum Kang Ihin wafat pada pukul 03.09 WIB saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Advent Kota Bandung. “Muhun Mang Haji tadi subuh Bapa ngantunkeun, nyuhunkeun piduana kanggo Bapa,” demikian saat PR Jabar berupaya mengecek kebenaran tentang wafatnya Kang Ihin, karena sudah beberapakali Kang Ihin diisukan telah meninggal dunia.

Baca Juga: Mang Ihin Minta Apotek Hidup Digalakkan di Seluruh Jawa Barat

Disampaikan Nata Nagara, yang selama ini selalu mendampingi Kang Ihin, dan bahkan selama berada dalam perawatan di rumah sakit, sebelum dinyatakan meninggal dunia, Kang Ihin dalam kondisi tenang. “Biasanya suka mengajak mengobrol dan banyak nasihat yang disampaikan, tadi mah teu ngobrol nanaon, pules we,” kata Nata Nagara. Hal ini dikuatkan dengan video yang dikirimkannya via WA.

Berdasarkan informasi yang didapat PR Jabar, almarhum Letjen. TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara, mantan Gubernur Jawa Barat ke 8 (1970-1975) akan dikebumikan dalam prosesi militer.

“Almarhum akan dibawa ke rumah duka terlebihdahulu untuk memberikan kesempatan pada pihak keluarga. Setelah itu akan dipulasara sebagaimana layaknya prajurit militer,” terang natanagara.

Pada pukul 07.00 sampai  09.00 WIB, jenazah akan disemayamkan di rumah dukan Jalan  Cisitu Indah VI No. 1 Dago. Kemudian pada pukul 09.30 sampai 12.30 WIB akan disemayamkan di       MAKO II KODAM III Siliwangi Jalan Sumbawa No. 22 Bandung.

Kemudian pada pukul 13.30 WIB akan dibawa ke pemakaman di TMP Cikutra Bandung. “Bagi yang akan melayat bisa datang ke MAKO II KODAM III Siliwangi,” kata Nata Nagara.***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x