Bencana Banjir Menerjang Beberapa Daerah di Kabupaten Cirebon

- 7 Maret 2024, 06:10 WIB
Cirebon mengalami banjir
Cirebon mengalami banjir /Dok. BPBD Jabar/

GALAMEDIANEWS – Bencana banjir kembali menerjang di beberapa daerah Kabupaten Cirebon. Berdasarkan laporan BPBD Cirebon, banjir terjadi di Kecamatan Waled, Kecamatan Karangwareng, Kecamatan Ciledug, dan Kecamatan Pangenan.

Banjir ketinggian 20-250 cm menggenang 2.830 unit rumah, 6 unit sarana pendidikan terendam, 8 unit tempat ibadah. Lalu terdapat 1.862 KK/4.639 jiwa terdampak. Di antaranya 200 jiwa mengungsi di balai Desa Ciuyah. "Data-data terus kami update," kata Hadi.

Upaya yang sedang dilakukan BPBD yaitu berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Cirebon. Saat ini BPBD Kabupaten Cirebon masih melakukan assessment di lapangan. "BPBD Kabupaten Cirebon melakukan evakuasi warga terdampak bersama tim gabungan dan BPBD Kabupaten Cirebon mengirimkan 2 perahu fiber dan 3 perahu karet," ucapnya. Koordinasi dan segala upaya dikerahkan untuk mengatasi banjir ini.

Baca Juga: Bandung Sudah Banjir, Pemkot Baru Akan Lakukan Audit Titik Lingkungan Rawan Banjir

Imron Rosyadi selaku Bupati Cirebon, menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk mengurangi dampak banjir di beberapa kecamatan di Cirebon, Jawa Barat, yang terjadi sejak Selasa (5/3/2024) malam tersebut.

“Kami sudah meninjau lokasi banjir dan sudah melakukan beberapa strategi untuk meminimalisir dampak banjir,” kata Imron setelah meninjau kondisi banjir di Desa Sidaresmi, Cirebon, Rabu (6/3/2024).

Salah satu strategi itu dengan membuat senderan dan normalisasi sungai. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung guna merealisasikan hal tersebut. “Ini untuk penanganan jangka panjang, kami minta BBWS melakukan normalisasi karena Cisanggarung itu masuk wilayahnya,” ungkapnya.

Menurut dia, apabila normalisasi Sungai Cisanggarung dilakukan berkala maka hal itu bisa mengurangi risiko banjir dengan mencegah air tidak meluap ketika hujan deras terjadi di wilayah Cirebon. 

Lebih lanjut, Imron menjabarkan, fokus membantu masyarakat dengan mendirikan dapur umum di beberapa lokasi untuk mencukupi kebutuhan logistik masyarakat serta menyediakan pos kesehatan. “Kami mendirikan dapur umum dan juga posko kesehatan di sejumlah lokasi bencana banjir,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x