Hari Perempuan Internasional, Penuh Makna di balik Perayaannya

- 8 Maret 2024, 11:16 WIB
Hari Perempuan Internasioanl di Google hari ini.
Hari Perempuan Internasioanl di Google hari ini. /

 

GALAMEDIANEWS – Hari ini tepat diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Diperingati setiap tanggal 8 Maret 2024. Hari Perempuan Internasional atau International's Women Day (IWD) diperingati pada 8 Maret setiap tahunnya.

Setiap negara pastinya memperingati hari ini dengan acara dan konsep yang berbeda-beda. Peringatan global ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaraan akan pentingnya peran perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pembangunan sosial, ekonomi, hingga politik.

Hari Perempuan Internasional juga mendorong persamaan hak-hak perempuan, menyuarakan ketidaksetaraan gender, dan memperingati perjuangan perempuan.

Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Lusail, Live Race di TV Trans7

Makna dari peringatan Hari Perempuan Internasional diharapkan bisa menghilangkan intimidasi dari lingkungan terhadap kaum perempuan. Cerita panjang dan sejarah mengenai peringatan Hari Perempuan Internasional ini terjadi pada Maret 1911 oleh negara Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Perjuangan ini dilakukan sejak awal 1900 an ketika dunia mengalami ekspansi besar-besaran dan turbulensi di dunia industri. Keadaan itu membuat ideologi radikal berkembang pesat.

Kemudian pada tahun 1908 terjadi kerusuhan besar dan perdebatan kritis di kalangan perempuan. Terjadinya penindasan dan ketidaksetaraan di kalangan perempuan memicu pergerakan aktif. Perempuan menjadi lebih vokal untuk menyuarakan perubahan.

Perjuangan terus berlanjut pada tahun berikutnya yakni 1909 dan 1910. Perempuan Amerika terus menyuarakan peringatan nasional setiap hari Minggu terakhir di bulan Februari.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x