Kementerian Pertahanan Rusia Melaporkan Jatuhnya Pesawat Angkut Militer Il-76 di Wilayah Ivanovo

- 13 Maret 2024, 01:33 WIB
Ilustrasi - Pesawat hilang kontak dan terjatuh di laut.""" ANTARA/Shutterstock/am.
Ilustrasi - Pesawat hilang kontak dan terjatuh di laut.""" ANTARA/Shutterstock/am. /

GALAMEDIANEWS - Kementerian Pertahanan Rusia, Selasa (12/3) melaporkan jatuhnya sebuah pesawat angkut militer Il-76, setelah lepas landas, di wilayah Ivanovo, sekira 300 km sebelah timur Moskow.

"Pada 12 Maret 2024, sebuah pesawat angkut militer Il-76 jatuh di wilayah Ivanovo sekitar pukul 13:00 waktu Moskow (17:00 WIB) saat lepas landas untuk penerbangan terjadwal. Terdapat delapan awak dan tujuh penumpang di dalamnya," ungkap laporan kementerian tersebut dalam pernyataan resminya yang dikutip Sputnik.

Menurut laporan kementerian tersebut, pesawat angkut militer itu jatuh setelah salah satu mesinnya terbakar saat lepas landas. Selanjutnya, komisi pasukan kedirgantaraan Rusia langsung melakukan penyelidikan setelah tiba di lapangan terbang Ivanovo untuk mencari tahu penyebab kecelakaan tersebut.

Baca Juga: 6 Wisatawan Hilang di Kawasan Wisata Ski Pegunungan Blanche Alpen Zermatt

Pesawat Angkut Berat Ilyushin Il-76 Merupakan Pesawat Serbaguna

Dilaporkan, sesuai pernyataan pemerintah setempat, Gubernur Wilayah Ivanovo Stanislav Voskresensky langsung tiba di lokasi jatuhnya pesawat.

"Wilayah pemukiman tidak mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut. Markas operasional sudah diatur di lokasi, semua layanan berfungsi," kata pemerintah setempat melalui Telegram.

Gubernur Voskresensky. menyampaikan belasungkawa kepada keluarga pilot-pilot pesawat tersebut yang meninggal dan memerintahkan layanan khusus untuk menyediakan bantuan yang diperlukan. "Api di lokasi kecelakaan telah padam," kata Voskresensky.

Operasi pencarian dan penyelamatan di lokasi jatuhnya pesawat telah selesai dilakukan Pesawat angkut berat Ilyushin Il-76 merupakan pesawat serbaguna yang didesain Rusia untuk mengangkut pasukan, kargo, dan peralatan.

Pesawat tersebut pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an, pesawat Il-76 telah menjadi andalan Angkatan Udara Rusia dan juga digunakan oleh sejumlah negara lain di dunia."""

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x