Pastikan Keamanan Whoosh, KCIC Rutin Tes Kesehatan Petugas Sebelum Berdinas

- 20 Maret 2024, 16:47 WIB
KCIC Rutin Tes Kesehatan Hingga 100 Petugas Sebelum Berdinas /Foto : Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS //
KCIC Rutin Tes Kesehatan Hingga 100 Petugas Sebelum Berdinas /Foto : Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS // /

GALAMEDIANEWS - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah mengoperasikan 44 perjalanan Whoosh perhari dengan 15 petugas dalam setiap rangkaiannya. Bahkan, terdapat 100 pegawai yang diperiksa kesehatannya secara rutin mulai dari masinis, pramugari, kondektur, teknisi, hingga petugas keamanan dan kebersihan Whoosh.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh petugas saat berdinas dan mengoperasikan kereta Whoosh. KCIC menerapkan kebijakan pemeriksaan kesehatan secara mendetail secara rutin sebelum perjalanan.

"Tes kesehatan ini penting untuk menjamin seluruh petugas berada dalam kondisi prima dan siap bertugas mengoperasikan kereta serta melayani penumpang dengan fokus dan teliti. Kondisi fisik petugas yang prima menjadi salah satu faktor penting untuk mencegah terjadinya kesalahan yang dapat berisiko pada keselamatan serta mengganggu kenyamanan dan keamanan penumpang," ujar Emir. Rabu, 20 Maret 2024.

Dijelaskan Emir, tes kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen, dan pemeriksaan fisik, dengan tambahan pemeriksaan alcohol breathing untuk masinis. Petugas yang dinyatakan sehat akan mendapatkan surat keterangan dari dokter yang ditunjuk KCIC.

Baca Juga: Tol Jakarta Cikampek; Akses Menuju KCIC Halim Resmi Ditutup Hari Ini

Di bulan Ramadhan ini pula, Emir menyampaikan, bahwa seluruh petugas yang menjalankan puasa juga dipantau nutrisinya. Hal tersebut diharapkan agar petugas tetap bugar dan siap bertugas dengan baik meski sedang berada menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Menurut Emir, proses pemeriksaan ini dilakukan secara rutin di stasiun Halim dan Tegalluar menyesuaikan dengan lokasi dinasan pertama petugas tersebut.

"Pengetesan dilakukan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan dan bila dinilai kurang sehat, maka akan langsung diganti petugas yang bersiaga lainnya," ucapnya.

Baca Juga: Ayo Liburan Nataru ke Bandung! Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2024 KCIC Tambah 8 Perjalanan Whoosh

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah