Kecelakaan Kereta Cepat: Penyebab, Teknologi Keamanan, dan Masa Depan

- 13 Februari 2024, 16:42 WIB
ilustrasi kecelakaan kereta cepat yang akan saling bertabrakan
ilustrasi kecelakaan kereta cepat yang akan saling bertabrakan /YouTube Kok Bisa? /

GALAMEDIANEWS - Kereta cepat merupakan teknologi yang luar biasa,tetapi apa jadinya jika suatu waktu kereta cepat mengalami kecelakaan? , meskipun kecelakaan kereta cepat jarang terjadi, jika terjadi dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan. Dilansir dari YouTube Kok Bisa?, banyak faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Faktor yang pertama ialah Kesalahan manusia yang dapat berupa Objek yang nekat menyeberang rel, masinis yang ngebut, atau kurangnya perawatan kereta dapat menjadi penyebab kecelakaan.

Faktor kedua adalah Teknologi, Kerusakan komponen kereta, seperti rem atau sistem sinyal, dapat menyebabkan kereta tidak stabil dan berakibat fatal. Meskipun kereta cepat dilengkapi dengan teknologi canggih untuk meminimalisir bahaya, seperti sistem pengereman otomatis dan sistem kontrol kecepatan, tetap saja manusia yang memegang kendali. Kesalahan manusia, terutama dalam situasi kecepatan tinggi, dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Faktor penyebab kecelakaan kereta cepat yang terakhir adalah Kecepatan Tinggi, Energi Besar, dan Risiko Tinggi. Kecepatan kereta yang tinggi, juga menghasilkan energi yang besar. Ketika terjadi kecelakaan, energi ini akan dilepaskan dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah dibandingkan dengan kecelakaan kereta biasa.

Baca Juga: Gratis, 6 Tempat Wisata di Bandung, Cukup Tunjukan Tiket Kereta Api Cepat Whoosh

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Kereta, yakni berikut ini:

Faktor pertama adalah Beban kereta, semakin berat kereta, semakin besar energi yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan tinggi. Faktor kedua ialah Belokan, Jalur dengan banyak belokan membutuhkan pengereman dan akselerasi yang lebih sering, sehingga memperlambat kecepatan.

Faktor terakhir merupakan hambatan angin, Bentuk kereta yang aerodinamis dapat membantu mengurangi hambatan angin dan meningkatkan kecepatan.

Beralih ke teknologi, Teknologi Canggih untuk Kereta Cepat adalah berikut ini:

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: YouTube Kok Bisa?


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah