Kolam Retensi Andir Kehadirannya Memberikan Dampak Positif Untuk Warga

- 23 Maret 2024, 07:40 WIB
Kolam Retensi Andir diJalan Katapang Andir  Desa Andir, Kecamatan  Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat membawa dampak positif bagi warga sekitar.
Kolam Retensi Andir diJalan Katapang Andir Desa Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat membawa dampak positif bagi warga sekitar. /sahabat.pu.go.id/

GALAMEDIANEWS – Kolam Retensi Andir terletak di Jalan Katapang Andir No. 99, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung ini sudah beroperasi pada pertengahan bulan Desember 2021. Kolam Retensi Andir dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Maret 2023 lalu.

Keberadaan Kolam Retensi Andi kini dimanfaatkan juga sebagai ruang terbuka publik. Kolam retensi ini dirancang sebagai tampungan air pengendali banjir yang biasa menggenangi wilayah Bandung Selatan seperti Dayeuhkolot dan Baleendah.

Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR memberikan pernyataan untuk pembangunan infrastruktur pengendali banjir yang sudah selesai perlu diperhatikan. Baik  aspek estetika dan diperbanyak tanamannya sebagai ruang publik yang interaktif.

Baca Juga: Kota Bandung Masih Miliki 10 Titik Banjir dan 24 Titik Genangan, DSDABM Gencarkan Bangun Kolam Retensi

Kolam Retensi Andir dan empat polder dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka menanggulangi banjir musiman di Bandung Selatan.

Bastari selaku Kepala BBWS Citarum mengatakan pembangunan Kolam Retensi Andir dan empat polder tersebut telah memberikan manfaat mengurangi daerah genangan banjir di Kecamatan Dayeuhkolot dan Baleendah. Dari semula 242,6 hektare menjadi 32,3 hektare.

"Kalau dihitung kebermanfaatnya dapat melindungi genangan untuk 5.192 KK atau setara 15.973 jiwa, termasuk juga menjaga jalan kabupaten dan provinsi," kata Bastari memberikan penjelasan mengenai kebermanfaatan dari keberadaan Kolam Retensi Andir.

Baca Juga: Tangani Persoalan Banjir di Kampung Lembur Sawah Kota Cimahi, PT KCIC Bangun Kolam Retensi

Keberadaan dari kolam retensi ini selain digunakan sebagai pengendali banjir, kolam ini juga dimanfaatkan warga sebagai ruang publik baik untuk kegiatan sosial masyarakat, wisata, dan edukasi. "Kolam Retensi Andir ini memang kita desain untuk dapat menjadi ruang publik interaktif bagi masyarakat di samping fungsi utamanya sebagai pengendali banjir. Bisa dipakai untuk olahraga, spot foto, bisa berwisata, bisa juga mancing, kita fasilitasi tempat duduk bagi yang menyukai mancing," kata Bastari lebih lanjut menjelaskan.

Bastari memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap memperhatikan batasan-batasan yang berlaku untuk menjaga lingkungan dan merawat infrastruktur yang telah dibangun. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kolam retensi ini.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: citarumharum.jabarprov.go.id sahabat.pu.go.id


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x