Gak Takut Meledak, Mesin Bus Ternyata Gak Akan Dimatikan saat di Rest Area Bahkan Gak Boleh Pakai Toilet?

- 3 April 2024, 19:02 WIB
Ilustrasi bus tidak dimatikan saat berada di dalam rest area./pexel/@Jeremy Mosley
Ilustrasi bus tidak dimatikan saat berada di dalam rest area./pexel/@Jeremy Mosley /

 

GALAMEDIANEWS – Apakah anda tau kalau mesin bus ternyata tak dimatikan saat mudik. Seperti tak takut meledak, tapi ini dilakukan oleh para supir bus.

Mudik menjadi momen yang sangat ditunggu, pasalnya mulai tanggal sekarang saja ada yang sudah melangsungkan mudik untuk berkumpul bersama keluarga dirumah.

Mudik kali ini transportasi bus juga disediakan secara gratis guna membantu siapapun untuk mudik seperti contoh bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), namun ada juga beberapa bus yang tidak memberikannya secara gratis dan tetap harus membayarnya.

Lalu, yang menjadi pertanyaan sekarang mengapa mesin bus tidak dimatikan saat berada di dalam rest area, bukankah rawan sekali bisa meledak jika seumpama dekat dengan pom bensin?

Baca Juga: Indonesia Open 2024 Segera Hadir dan Diikuti Para Pemain Top Dunia

Dikutip dari Instagram.com/@Putera Mulya Sejahtera Official pada Rabu, 3 April 2024. Ada beberapa alasan nih kenapa sih mesin bus tidak dimatikan saat di rest area?.

Menurut para teknisi dan supir bus, mesin diesel bus ini menggunakan mesin turbo yang sangat sensitif jika terlalu sering diaktifkan atau dinonaktifkan. Alhasil mesin bus akhirnya dihidupkan untuk menjaga kinerja bus demi mengantarkan para penumpang ke tempat tujuan.

Mesin diesel juga memerlukan kompresi padat dan suhu panas sehingga bisa bekerja dengan baik, hal ini tentunya berbanding terbalik dengan mesin bensin. Apabila, terjadi proses panas dalam mesin bus itu terjadi tidak merata dan sirkulasi udara tidak akan terpengaruh pada mesin turbo.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Instagram @Putera Mulya Sejahtera Official


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x