Daftar 14 Lokasi Mudik Gratis Polri, Tanggal Pendaftaran dan Keberangkatan, Jumlah bus, Tujuan dan Syarat

- 21 Maret 2024, 14:11 WIB
Mudik gratis Polri.
Mudik gratis Polri. /Instagram.com/@tmcpoldametrojaya/
 


GALAMEDIANEWS – Polri menyediakan mudik gratis yang telah dibuka pendafarannya. Maka, jangan sampai kehabisan daripada menyesal.

Pendaftaran mudik gratis telah dibuka pada 20 – 22 Maret 2024. Sehingga, warga yang ingin mudik bisa segera melakukan pendaftaran. Pendaftaran akan dibuka dari pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB dengan cara membawa fotocopy KTP dan KK.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indriadi menjelaskan kalau warga yang berminat mendaftar bisa mendatangi Samsat dan Satpas SIM yang telah disediakan.

"Silakan bagi masyarakat yang mau berkenan melakukan pendaftaran bisa melakukan pendaftaran di 14 tempat di Samsat dan kemudian satu tempat di Satpas," ujar Kombes Ade.
Baca Juga: Pemkot Bandung Larang Tempat Hiburan Beroperasi selama Bulan Ramadan

Dikutip dari laman korlantas.polri.go.id pada Kamis, 21 Maret 2024. Berikut ini 14 lokasi samsat yang bisa dikunjungi untuk melakukan pendaftaran:

1. Samsat Jakarta Pusat
2. Samsat Jakarta Utara
3. Samsat Jakarta Barat
4. Samsat Jakarta Timur
5. Samsat Jakarta Selatan
6. Samsat Kota Tangerang
7. Samsat Ciledug
8. Samsat Serpong
 
 
9. Samsat Ciputar
10. Samsat Kelapa Dua
11. Samsat Kota Bekasi
12. Samsat Depok
13. Samsat Cinere
14. Satpas SIM Dan Mogot

Adapun tujuan destinasi bis ada di 3 provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Tujuannya ada di tiga provinsi, pertama Jawa Barat ada dua kota Kuningan dan Banjar. Jawa Tengah dan Yogyakarta dan ada delapan kota, Semarang, Solo, Wonogiri, Purwokerto, Yogyakarta, Kudus, dan Rembang. Jawa Timur, Surabaya, Madiun, dan Banyuwangi," ungkap Ade.

Adapun keberangkatan untuk mudik gratis Polri akan diadakan mulai tanggal 6 – 7 April 2024 pada pukul 08.00 di Monumen Nasional (Monas).
Baca Juga: Nasdem Terima Hasil Pemilu 2024 oleh KPU, Surya Paloh Ucapkan Selamat kepada Prabowo Gibran

"Sebelumnya sudah ada pembagian tiket bus di tempat pendaftaran tanggal 1-2 April 2024," kata Ade.

Adapun jumlah bus yang kaan diberangkatkan sebanyak 400 unit yang akan disediakan untuk para warga.

"Korlantas Polri juga telah membuka pendaftaran mudik gratis dimulai pada hari ini Rabu, 20 Maret 2024 dengan total sebanyak 400 unit bus itu disiapkan," ucap Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko selaku Karo Penmas Divisi Humas Polri.

Dari 400 unit ini akan mengangkut sekitar 20.000 penumpang untuk diantarkan ke kampung halaman di beberapa daerah di Pulau Jawa.
Baca Juga: Prediksi Skor Indonesia vs Vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis 21 Maret: H2H, Susunan Pemain

"Korlantas Polri nanti dalam program Mudik Gratis Polri Presisi 2024  akan dilakukan pemberangkatan dari Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada 6 dan 7 April 2024 mendatang," ujar Trunoyudo.

Mudik gratis tahun ini diharapkan dapat menanggulangi adanya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas karena pengemudi mengantuk.

"Untuk mengurangi juga risiko kecelakaan lalu lintas dan agar mudik lebaran dan arus balik dapat juga  berjalan dengan lancar dan aman," ungkap eks Kabid Humas Polda Metro Jaya.***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Korlantas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x