Skema Arus Mudik dan Contra Flow Lebaran 2024 hingga Operasi Ketupat 2024

- 21 Maret 2024, 12:14 WIB
Ilustrasi Skema arus mudik dan contra flow lebaran 2024./freepik/@freepik
Ilustrasi Skema arus mudik dan contra flow lebaran 2024./freepik/@freepik /

 

GALAMEDIANEWS – Mudik tinggal sebulan lagi dan siapapun tak sabar untuk menantikannya. Dalam mengantisipasi arus mudik pada tahun 2024. Korlantas (Korps Lalu Lintas) akan siapkan skema rekayasa lalu lintas seperti one way, contra flow, dan aturan ganjil genap.

Dikutip dari laman korlantas.polri.go.id pada Kamis, 21 Maret 2024.Skema tersebut tidak cuma berlaku di jalan tol tapi juga diterapkan di sejumlah ruas arteri dan area wisata yang sebabkan kemacetan.

Jalur arteri menjelaskan bahwa jalur arteri yang melintasi pasar dan jalur utama pantai utara (pantura) dari barat ke timur akan berpotensi alami kemacetan saat arus mudik.

Baca Juga: Prediksi Skor Indonesia vs Vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis 21 Maret: H2H, Susunan Pemain

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Korlantas Polri bakal siapkan rekayasa lalu lintas terutama pada jalur arteri seperti panturan dengan gunakan contra flow atau pengalihan arus saat pasar sedang ramai.

Upaya lain yang bakal dilakukan dengan antisipasi kemacetan dengan pembatasan truk angkutan barat dengan sumbu 3 atau lebih. Pembatasan operasional ini akan diterapkan pada 5 April 2024 pada jam 9 pagi hingga 16 April 2024 pukul 08.00 di jalan tol atau jalan non tol.

Pengaturan arus mudik lebaran akan dilakukan secara teknik dengan operasi Ketupat 2024 yang mana akan berlangsung selama 13 hari dari 4 – 16 April 2024.

Baca Juga: Doan Van Hau Beri Sindiran Pedas ke Pemain Naturalisasi Indonesia

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Kakorlantas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x