BREAKING NEWS Gempa 6.5 Magnitudo Mengguncang Keras Jawa Barat

- 28 April 2024, 09:46 WIB
Gempa Garut 6,5 Mag terasa hingga Bogor dan Depok
Gempa Garut 6,5 Mag terasa hingga Bogor dan Depok /Twitter BMKG

 

GALAMEDIANEWS - Telah terjadi gempa bumi pada Sabtu (27/04/2024) malam, tepat pukul 23:29:47. Epicentrum gempa terletak di koordinat 8.42 LS-107.26 BT, dengan kekuatan yang cukup kencang, yaitu 6.5 Magnitudo.

Dilansir dari laman resmi bmkg.go.id, pusat gempa berada dilaut 151 km Barat Daya Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman 10 km, dan tidak berpotensi tsunami.

Daftar daerah yang merasakan gempa, di antaranya  Wilayah Sukabumi, Bandung, Tanggerang, Tasikmalaya, Garut, Bogor, Jakarta, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Trenggalek, dan juga Malang.

Baca Juga: Wow di Floating Market Lembang Ada Rainbowslide Sepanjang 120 Meter!

Gempa Dipicu Adanya Deformasi Batuan Dalam Lempeng Indo-Australia Yang Tersubduksi di Bawah Lempeng Eurasia di Selatan Jawa barat

Gempa dipicu oleh adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat atau populer disebut sebagai gempa dalam lempeng (intra-slab earthquakke). Hal itu disampaikan oleh @DaryonoBMKG di akun X miliknya.

Tips keselamatan saat terjadi gempa, yaitu pertama jangan panik, segeralah keluar dari bangunan, dan ikuti jalur evakuasi setempat.

Jika berada di luar ruangan rumah, menjauhlah dari gedung tinggi dan tiang, yang berpotensi akan jatuh menimpa. Tak lupa menyimak informasi mengenai gempa susulan dari media cetak, maupun media elektronik.

Sejauh ini BMKG sendiri mengantisipasi dan menghimbau kepada masyarakat, kemungkinan akan ada terjadinya gempa susulan.***

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x