Vaksin COVID-19 Produksi AstraZeneca Dilakukan Penarikan Dari Peredaran di Seluruh Dunia

- 9 Mei 2024, 17:40 WIB
Petugas medis menyiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum disuntikkan kepada karyawan hotel di Rumah Sakit Mardiwaloeja, Malang, Jawa Timur, Kamis 20 Mei 2021)
Petugas medis menyiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum disuntikkan kepada karyawan hotel di Rumah Sakit Mardiwaloeja, Malang, Jawa Timur, Kamis 20 Mei 2021) /ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/

GALAMEDIANEWS – AstraZeneca adalah salah satu produsen yang memproduksi vaksin Covid-19 secara massal. Raksasa farmasi asal Swedia ini, menarik vaksin Covid-19 buatannya yang telah beredar dan dijual di seluruh dunia.

Permohonan penarikan vaksin, yang dijual dengan merek Covishield dan Vaxzevria, dari Uni Eropa dilakukan pada 5 Maret 2024 dan mulai berlaku Selasa 7 Mei 2024,  demikian pernyataan perusahaan tersebut seperti dilaporkan surat kabar The Telegraph.

Permohonan serupa diperkirakan akan diajukan dalam beberapa bulan mendatang di Inggris dan di negara-negara lain yang telah menyetujui vaksin tersebut.

“Kami akan bermitra dengan otoritas pengatur secara global untuk memulai penarikan izin edar Vaxzevria, di mana diperkirakan tidak ada permintaan komersial untuk vaksin tersebut di masa depan,” kata AstraZeneca lebih lanjut.

Baca Juga: Masyarakat Disarankan Kembali Vaksin Booster Covid-19 Jelang Mudik Lebaran

Langkah tersebut dilakukan karena alasan komersial, dan menambahkan bahwa terdapat banyak vaksin di pasaran yang ditujukan untuk melawan jenis baru Covid-19.

Keputusan penarikan vaksin tersebut tidak terkait dengan kasus pengadilan baru-baru ini mengenai efek samping vaksin.

Pada April lalu, muncul laporan bahwa AstraZeneca untuk pertama kalinya mengakui dalam dokumen hukum, yang diserahkan ke pengadilan Inggris pada Februari, bahwa vaksin COVID-19 buatannya bisa memicu efek samping yang jarang terjadi.

Efek samping yang dimaksud adalah trombosis dengan sindrom trombositopenia (TTS), yang menyebabkan pembekuan darah dan rendahnya jumlah trombosit darah.

Penarikan yang dilakukan pastinya akan sesegera mungkin berkoordinasi dengan setiap negara yang menggunakan vaksin ini. ***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah