Masih Banyak Kasus TBC di Kota Bandung, Pemkot-USAID Gulirkan Program Ini

- 31 Mei 2024, 09:10 WIB
ilustrasi TBC.
ilustrasi TBC. /Kementrian Kesehatan RI/

GALAMEDIANEWS - Tuberkulosis (TBC) tetap menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia, dengan 1.060.000 kasus baru setiap tahun. Kasus TBC juga masih banyak ditemukan di Kota Bandung.

Pada tahun 2023, Kota Bandung menempati urutan ke 10 dari 27 Kabupaten Kota di Jawa Barat dengan penemuan kasus TBC sebanyak 18.314 kasus TBC (130 persen).

Sedangkan untuk pencapaian (Standar Pelayanan Minimal (SPM) penemuan kasus terduga TBC di Kota Bandung sudah di atas 100 persen.

Baca Juga: Resep Mie Siram Chili Oil ala Rudy Choirudin Jadi Ide Bisnis Makanan Bikin Bibir Dower

Atas hal itu, Kota Bandung berkomitmen untuk mengakselerasi bebas tuberkulosis. Pemerintah Kota Bandung bersama Kementerian Kesehatan dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melaksanakan program Bersama Menuju Eliminasi dan Bebas dari tuberkulosis atau TB (USAID Bebas TB).

Kerja sama ini juga sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan TBC di Kota Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan, Pemkot Bandung berkomitmen untuk mempercepat penanggulangan TBC sesuai dengan Perpres nomor 67 tahun 2021.

Beberapa langkah strategis telah diambil, seperti pembentukan tim percepatan penanggulangan TBC, penyediaan anggaran untuk penanganan TBC, dan memasukan penanggulangan TBC dalam rencana pembangunan daerah.

"Targetnya tahun 2030 di Kota Bandung bisa bebas TB. Untuk itu kerja sama ini tentunya dapat mengakselerasi target tersebut," tutur Anhar, dikutip dari laman bandung.go.id.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah