Tingkatkan Pelayanan Jamaah Haji, Arab Saudi Bikin Jalan Khusus dari aspal dan Karet

- 14 Juni 2024, 15:53 WIB
Ilustrasi Jamaah Haji.
Ilustrasi Jamaah Haji. /

GALAMEDIANEWS - Untuk meningkatkan kenyamanan jamaah haji pada musim haji 1445 Hijriah, pemerintah Arab Saudi menyiapkan ruas jalan khusus berbahan aspal dan karet fleksibel di Arafah, Makkah.

Ruas jalan yang menghubungkan Arafah dan Muzdalifah tersebut memiliki panjang 1.000 meter dan lebar 15 meter.

"Kami menyiapkan lantai yang sangat fleksibel di mana anda dapat berjalan kaki tanpa merasa sakit pada lutut anda," kata Deputi Menteri Transportasi Arab Saudi Tareq bin Ziyad Al Shami saat ditemui di Arafah, Makkah, Kamis 13 Juni 2024.

Baca Juga: Tips Olah Daging Sapi agar Empuk dan Lembut saat Idul Adha 2024 Ala Devina Hermawan

Menurutnya, inovasi tersebut untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan jamaah, khususnya para lanjut usia saat berjalan kaki dalam rangkaian ibadah Haji.

"Orang-orang lanjut usia, saat berjalan mengalami sakit punggung dan lutut. Jadi kami ingin membuat dengan sesuatu yang memudahkan mereka berjalan," katanya seperti dilansir Antaranews.

Menurutnya, selain menggunakan campuran aspal dan karet, ruas jalan itu dilapisi cat pendingin berwarna abu-abu sehingga suhu pada ruas jalan tersebut turun mencapai 13 sampai 15 derajat Celcius dari sebelumnya.

"Kalau mau lihat area hitam di sana, area hitam itu biasa saja tanpa cat, suhunya sekitar 80 derajat. Sedangkan di sini 13 sampai 15 derajat lebih rendah," ujarnya.

Bahan karet tersebut berasal dari 9.000 ban truk bekas yang didaur ulang kemudian dicampur dengan aspal, agregat, dan bitumen. Hal ini membuat ruas jalan itu terasa empuk dan ramah lingkungan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah