Cuaca Wilayah Jabar saat Sholat Idul Adha, Ini Prakiraan BMKG

- 16 Juni 2024, 18:44 WIB
BMKG Prakirakan cuaca wilayah Jabar saat Sholat Idul Adha.
BMKG Prakirakan cuaca wilayah Jabar saat Sholat Idul Adha. /BMKG/

GALAMEDIANEWS - Cuaca di wilayah Jawa Barat saat sholat Idul Adha pada 17 Juni 2024 diprakirakan cerah berawan. Meski demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung, meminta masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk.

“Pada umumnya cuaca di wilayah Jawa Barat pada shalat Idul Adha pagi hari cerah hingga berawan,” kata Staf Data dan Informasi Stasiun Geofisika BMKG Bandung Yuni Yulianti di Bandung, Minggu 16 Juni 2024.

Menurutnya, cuaca di berbagai masjid besar di wilayah Jabar saat shalat Idul Adha diprakirakan cerah berawan, dengan suhu udara 20,4 hingga 28 derajat Celcius dan kecepatan angin 10 kilometer per jam.

Baca Juga: Lawan Polandia, Van Dijk Nilai Laga Pertama Selalu Sulit

Yuni menjelaskan pantauan prospek cuaca pada siang hari masih tetap cerah berawan. Sedangkan potensi hujan ringan akan terjadi pada sore hingga malam hari di sebagian wilayah di Jawa Barat.

“Di Bandung bagian barat dan selatan ada potensi hujan ringan dalam skala lokal pada sore hari,” katanya seperti dilansir Antaranews.

Meski demikian, Yuni mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk pada masa peralihan dari musim hujan ke kemarau (pancaroba). Sebab di masa peralihan dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin, serta dampak kerusakan lainnya.

Baca Juga: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Melonjak, 75 ribu Tiket Terjual Jelang Libur Idul Adha 2024

“Saat ini sudah memasuki musim pancaroba. Namun hujan skala lokal dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi di beberapa wilayah dengan skala lokal terutama di siang hari menjelang sore hari,” katanya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah