Hari Dokter Nasional: Para Dokter Ajak Giatkan 3M 1T dan Berdoa Covid-19 Cepat Pergi

- 24 Oktober 2020, 11:29 WIB
Ilustrasi dokter.
Ilustrasi dokter. /Unsplash/Online Marketing

GALAMEDIA - Di Indonesia, 24 Oktober merupakan Hari Dokter Nasional. Bertepatan dengan peringatan Hari Dokter Nasional setiap 24 Oktober, para tenaga kesehatan mengingatkan kita semua untuk mematuhi protokol kesehatan yakni mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta tidak berketumun (3M 1T).

Dokter Siti Rosidah bersama dua koleganya Fransisca Y. dan Reci Maulita yang tergabung dalam tim Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Tanjung Priok meminta masyarakat tidak menganggap sepele penyakit yang tergolong baru di dunia itu.

"Covid-19 itu nyata jangan dianggap sepele, masyarakat tetap harus patuhi protokol 3M dan stay at home," kata mereka seperti dikutip galamedia dari Antara.

Baca Juga: Tips Menghemat Kuota Internet di Tengah Masa Pandemi

"Stay strong karena perkerjaan kita adalah panggilan yang tidak semua orang bisa mendapatkan posisi atau kesempatan untuk melayani pada masa pandemi. Stay healthy and stay away from stressed, keep up a positive mind, You're not walking alone," ujar Fransisca.

Sedangkan Dokter spesialis paru di RSUP Persahabatan, Erlina Burhan pernah mengatakan, hoaks sendiri menjadi salah satu masalah di tengah penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Menurut dia, informasi media sosial separuhnya berisi hoaks, salah satunya mengenai risiko tertular Covid-19 di rumah sakit.

Baca Juga: Libur Panjang Akhir Oktober, Sehat, Aman dan Bahagia dengan Protokol Kesehatan

Informasi yang salah ini membuat orang takut dan tidak mau datang ke rumah sakit karena takut tertular Covid-19.

Padahal menolak pengobatan bisa berdampak buruk pada mereka yang sudah mempunyai penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan lainnya. Akhirnya, banyak dari mereka yang meninggal di rumah karena tidak mendapatkan pengobatan.

Sementara itu, dokter spesialis kulit sekaligus direktur medis di Klinik Dermalogia, Arini Astasari Widodo berdoa untuk kesehatan para koleganya yang terus berjuang sekaligus berterima kasih karena sudah sepenuh hati mengabdikan diri kesehatan masyarakat dan tetap memegang sumpah dokter.

Baca Juga: Ini Organ Tubuh yang Wajib Dibasuh Saat Mandi Junub, Jangan Sampai Mandinya Tidak Sah

Walau di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, para dokter dari RSUD Koja berharap para kolega mereka tetap kuat dan mengendalikan stres dengan berpikir positif.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x