Ini Organ Tubuh yang Wajib Dibasuh Saat Mandi Junub, Jangan Sampai Mandinya Tidak Sah

- 24 Oktober 2020, 10:32 WIB
Ilustrasi Mandi Junub. /Ilustrasi Mandi/pexels

GALAMEDIA - Saat mandi junub (mandi wajib) organ tubuh mana yang wajib dibasuh? Berikut penjelasannya seperti dikutip galamedia dari laman nu.or.id.

Bahwa perataan air di seluruh permukaan tubuh (zhahir badan) merupakan salah satu rukun mandi junub sebagaimana keterangan pada Kitab I‘anatut Thalibin berikut ini:

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kentang Keju Goreng yang Gurih dan Creamy, Camilan Favorit Keluarga

وإنما وجب تعميمه لما صح من قوله صلى الله عليه وسلم أما أنا فيكفيني أن أصب على رأسي ثلاثا ثم أفيض بعد ذلك على سائر جسدي ولأن الحدث عم جميع البدن
فوجب تعميمه بالغسل

Artinya, “Wajib meratakan air (pada seluruh permukaan tubuh) berdasarkan hadits shahih, ‘Adapun aku, cukup bagiku menuangkan air sebanyak 3 kali di atas kepalaku, kemudian aku menuangkannya setelah itu ke seluruh tubuhku;’ dan berdasarkan kenyataan bahwa hadats itu mengenai seluruh tubuh secara merata sehingga wajib diratakan dengan air melalui basuhan,”

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Sabtu 24 Oktober 2020, Wow Harga Emas Turun, Saatnya Investasi

Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi menyatakan bahwa organ yang wajib dibasuh pada saat mandi junub adalah semua anggota tubuh yang tampak yaitu permukaan tubuh, rambut/bulu yang tumbuh pada permukaan tubuh.

Selain itu, kemaluan perempuan saat berjongkok, termasuk kulit di balik kuku, kulit yang pecah pada luka, dan permukaan dibalik kulup laki-laki.

Semua organ ini wajib dibasuh saat mandi junub. Jika ada benda yang menghalanginya dari air, maka ia harus disingkirkan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X