Ini Deretan Game PC yang Paling Populer di Tahun 2020, di antaranya League of Legends

8 Januari 2021, 15:05 WIB
Ilustrasi poster game League Of Legends. /oneesport.gg

 

GALAMEDIA - Tahun 2020 memang sudah lewat, namun tidak ada salahnya jika kita mengulas kembali game PC apa sajakah yang paling populer tahun lalu.

Pandemi yang melanda sepanjang tahun 2020 lalu, membuat beberapa game yang semakin populer karena lebih banyak orang yang memainkan ataupun hanya menonton para streamer memainkan game tersebut.

Dibalik itu ada pula beberapa game yang menurun kepopulerannya karena tidak bisa mengadakan turnamen besar dunia secara langsung karena pandemi ini.

Baca Juga: Perusahaan 'Merumahkan' Karyawan atau Pekerja, Adakah Dasar Hukumnya?

Nah terkait game tersebut, berikut 7 game PC yang paling populer sepanjang tahun 2020 seperti dilansirkan esportsobserver:

1. League of Legends (77.92)

League of Legends (LoL) menjadi game yang paling populer pada tahun 2020. Kepopuleran LoL berasal dari pemain aktifnya yang jumlahnya dua kali lipat dibandingkan dengan pemain aktif tertinggi kedua, Valorant.

Selain itu, LoL juga menjadi game yang paling banyak ditonton di platform streaming langsung Twitch.

Baca Juga: Mahfud MD Serahkan Nama Calon Kapolri, Presiden Jokowi Hari Ini Berikan ke DPR RI

Selama kuartal ketiga 2020, semua Major Region dari Riot Games’ menyelesaikan musim panasnya dengan League of Legends European Championship (LEC) yang meningkatkan penayangan finalnya sebesar 70% dari tahun ke tahun.

Selain itu, tahap Play-In dari kejuaraan dunia League of Legends tahunan berkontribusi pada jumlah penonton yang kuat untuk kancah kompetitif game.

2. Call of Duty: Modern Warfare (41.98)

Berakhirnya musim perdana Call of Duty League (CDL) sangat membantu Call of Duty: Modern Warfare menjadi game tier 1 untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Lupakan Dulu Calon Kapolri, Papua Masih Memanas Usai Pembakaran Pesawat MAF

Selama kuartal ketiga 2020, tidak ada arena kompetitif game lain yang menyamai total hadiah yang dibayarkan lebih dari $ 5 juta USD, sebagian besar berkontribusi dari total hadiah playoff CDL sebesar $ 4,6 juta.

Grand final liga antara runner up Atlanta FaZe dan Dallas Empire, yang mengklain saham pemenang sebesar $ 1,5 juta, Call of Duty menjadi acara esport yang paling banyak ditonton serentak dengan 330 ribu penayangan.

Selain itu, Call of Duty: Modern Warfare adalah game yang paling banyak streaming di Twitch selama kuartal ketiga tahun 2020. Meskipun sebagian besar player bermain di konsol, pemain aktif di PC adalah yang terbesar keempat dari semua game di peringkat ini.

Baca Juga: WhatsApp Keluarkan Pembaruan Kebijakan Privasi Pengguna, Pengamat: Ancaman bagi Primasi

3. Counter-Strike: Global Offensive (37.04)

Meskipun turun dari tier 1 terutama karena tidak adanya turnamen besar secara langsung yang biasanya menciptakan panggung kompetitif CS:GO, game ini mendapatkan peringkat ketiga berdasarkan jumlah turnamen tertinggi dan jumlah rata-rata penonton.

Acara utama game ini selama kuartal ketiga adalah edisi online ESL One: Cologne 2020, yang menampilkan total hadiah berkurang cukup besar dengan $325 ribu dan dimenangkan oleh Heroic dan rendering Eropa dan Amerika Utara dari ESL Pro League musim 12.

Organisasi Denmark Astralis keluar sebagai pemenang event Eropa dengan $450 ribu, sementara FURIA Esport memenangkan saham pemenang dari total hadiah Amerika Utara dengan $225 ribu.

Baca Juga: Jadwal Liga Seri A Pekan Ini, Upaya Duo Milan Pertahankan Posisi Klasemen

4. VALORANT (28.33)

VALORANT, game first-person shooter pertama dari Riot Games, sekali lagi memiliki kuartal yang kuat berdasarkan pemain aktif terbesar kedua yang semakin aktif bermain.

Selama kuartal ketiga 2020, sebagian besar tahap awal Riot Games dari kancah kompetitif game, seri IGNITION, berlangsung dengan total hadiah turnamen mencapai $50 ribu.

Fase awal turnamen game di wilayah Amerika Utara membuat Team SoloMid dan Sentinels selalu menjadi yang teratas, sementara tim G2 Esports mendominasi kancah Eropa dengan memenangkan setiap turnamen resmi yang diikutinya.

Baca Juga: Terus Bertahan di Zona Orange, Pemkab Sumedang Terapkan PPKM

5. DOTA 2 (27.93)

Dota 2 adalah salah satu judul yang terpengaruh sangat signifikan oleh pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Biasanya, turnamen paling penting dalam game ini, The International, berlangsung pada kuartal ketiga setiap tahun, tetapi edisi tahun 2020 harus ditunda hingga 2021.

Acara ini biasanya menampilkan total hadiah terbesar dan mempopulerkan Dota 2 melonjak. Alih-alih acara turnamen terbesar $35 juta lebih, acara terbesar selama kuartal ini adalah OMEGA League: Europe Immortal Division $500 ribu yang dimenangkan oleh Team Secret.

Baca Juga: Trump Akhirnya Akui Joe Biden Akan Jadi Presiden Amerika Serikat

6. FORTNITE (26.03)

Meskipun kompetitif scene Fortnite kehilangan kejuaraan dunia tahun ini, Fortnite masih menjadi game yang paling banyak diputar dan ditonton kedua di platform streaming langsung Twitch.

Dengan kombinasi beberapa acara esport yang lebih kecil termasuk grand final regional dari seri kejuaraan Fortnite Epic Games ke-2 musim 3, yang menampilkan total hadiah sekitar $1,1 juta di semua wilayah.

7. APEX LEGENDS (14.69)

Meskipun Apex Legends adalah salah satu game yang paling banyak streaming di Twitch, itu menyumbang jumlah jam menonton terkecil di peringkat top 7 ini.

Baca Juga: Bebas Murni dan Banyak Dibantu Selama Masa Tahanan, Ini Yang Diucapkan Ustad Abu Bakar Ba'asyir

Akibatnya game tersebut mengklaim peringkat ke-7 berdasarkan jumlah penonton yang setia, pemain aktif, dan statistik kompetisi esport.

Kontributor utama dari scene esports Apex Legends adalah seri Apex Legends Global musim gugur, serangkaian acara regional yang lebih kecil yang berujung pada seri playoff pada bulan Desember lalu.

Inisiatif esport dari sebagian besar game yang disebutkan dalam artikel ini telah sangat dipengaruhi oleh kebijakan COVID-19. Nilai dari index poin didapat dari penghitungan pemain aktif PC perbulan 30%, distribusi kemenangan 25%, jam penonton esport 20%, jam penonton 15%, jumlah live stream 5% dan banyaknya turnamen 5%. *** (Penulis: Aditya Megan)

Editor: Dadang Setiawan

Tags

Terkini

Terpopuler