Di Mobil Tidak Pakai Masker, Boleh atau Tidak? Begini Penjelasan Dokter

- 19 September 2020, 14:26 WIB
Bermasker di mobil. /sehatq.com

GALAMEDIA - Jika kita kemluar rumah, menggunakan masker di era pandemi ini sangat dianjurkan banget. Tapi kalau di dalam mobil sendirian boleh enggak tidak bermasker?
Penggunaan masker saat pandemi adalah hal yang sangat penting dan tidak bisa dibantah.


Namun pertanyaannya, kapan saat yang tepat untuk kita melepas masker atau memakainya? Perlukah kita menggunakan masker bahkan saat sendiri di dalam mobil? Berikut jawaban medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri seperti yang dikutip dalam laman tersebut.

Ia menyebutkan bahwa sebenarnya hal ini perlu dilihat dari berbagai sisi. Di satu sisi, saat kita berada sendirian di dalam mobil, risiko terjadinya penularan sebenarnya rendah.

Baca Juga: Susu Bubuk atau Susu Cair? Mana yang Lebih Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Jadi, apabila kita tidak menggunakan masker saat menyetir sendiri di dalam mobil, kemungkinan kita tertular Covid-19 hampir tidak ada. Namun, hal tersebut hanya berlaku apabila selama berkendara, Anda tidak membuka jendela mobil, tahu cara menyimpan masker secara baik dan benar, bisa terjangkau apabila sewaktu-waktu diperlukan, serta tidak berkontak dengan satu orang pun.

Sementara di sisi lain, sebenarnya tidak ada ruginya apabila kita tetap memakai masker saat berkendara seorang diri. “Saat di mobil, kita tidak tahu, misalnya ada kejadian tiba-tiba kita harus buka kaca mobil. Lalu, karena tidak pakai masker, jadi lupa dan berkontak tanpa perlindungan,” ujar dr. Anandika.

Baca Juga: Cek Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini, Siap Buat Kamu Kenyang dan Kantong Hemat

Ia pun menjelaskan, saat pengemudi maupun penumpang membuka kaca, mesti tidak ada orang lain di dekatnya, tapi tetap ada potensi virus di sana, yang akhirnya bisa masuk dan menimbulkan infeksi.

Jadi, dr. Anandika mengungkapkan, sebenarnya penggunaan masker meski sedang seorang diri adalah untuk mencegah risiko semacam itu. Intinya, menggunakan masker saat berkendara sendiri di dalam mobil adalah langkah Anda mengambil skenario paling aman selama masa pandemi ini.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X