Sindir Soal Benih Lobster, Effendi Gazali Tantang Susi Pudjiastuti Untuk Debat Terbuka

- 26 November 2020, 16:58 WIB
Effendi Gazali tantang Susi Pudjiastuti debat terbuka
Effendi Gazali tantang Susi Pudjiastuti debat terbuka /YouTube / Rumah Pemilu/



GALAMEDIA - Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena diduga telah melakukan korupsi dalam penetapan izin ekspor benih lobster berbuntut panjang.

Bukan hanya isu ekspor benih lobster kembali hangat diperbincangkan publik, kasus ini menjadi Perdebatan antara mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dengan staff pengajar Universitas Indonesia, Effendi Gazali.

Hal ini bermuka dari pendapat Effendi Gazali yang menyebut bahwa benih lobster masih aman dari ancaman kepunahan.

Baca Juga: Perceraian Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya juga Tips Terhindar dari Perpisahan

Susi Pudjiastuti merespon pendapat tersebut dan melayangkan sindiran keras terhadap Effendi Gazali melalui laman Twitter pribadinya.

"Keilmuan tinggi seorang guru besar, Doctor, dalam menjustifikasi / memperlihatkan/ meninggikan/ membenarkan Ignorances untuk Pembenaran Ekspor Bibit Lobster saya tidak berilmu dan saya berduka. Mari simak video ini," jelas susi dikutip dari laman Twitter pribadinya pada Sabtu, 15 Februari 2020.

Cuitan Susi Pudjiastuti
Cuitan Susi Pudjiastuti


Dalam video yang diunggah Susi, seperti dilansirkan jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com berjudul "Menyoal Benih Lobster! Effendi Ghazali Kembali Tantang Susi Pudjiastuti Debat Terbuka", nampak Effendy Ghazali sedang menjelaskan bahwa saat ini benih lobster masih aman dari ancaman kepunahan.

"Jumlah telur lobster 26,9 miliar per tahun, larvanya jadi 24,7 miliar per tahun, dan yang menjadi peurulus 12,3 juta miliar per tahun," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Effendy juga menyinggung pihak-pihak yang menyebut jika kebijakan ekspor benih lobster akan mengancam kelestarian lobster.

"Jadi jangan ada lagi yang mengatakan ini bisa punah, punah dari sebelah mana? Dan lobster bukan sesuatu yang terancam punah," lanjutnya.

Merespon kritikan Susi Pudjiastuti, Effendi Gazali angkat bicara dan menantang mantan Menteri KKP tersebut untuk melakukan debat terbuka.

Baru-baru ini, Effendi Ghazali kembali mention Susi Pudjiastuti.

Effendi Gazali mengaku siap jika diajak debat dengan Susi Pudjiastuti terkait kebijakan ekspor benih Lobster.

"Siap debat lo bu Susi Pudjiastuti yang saya hormati, tentu semua pihak sedang tunggu Konpres KPK soal OTT25/11. Tapi sudah di-mention lagi tentang debat soal benih lobster & saya tetap siap. Kapan Bu? Di TV? Di DPR? Di kampus? Siap kita buka semua fakta untuk publik. Trims Bu," jelas Effendi Gazali dikutip dari laman Twitter pribadinya pada Rabu, 25 November 2020.

Cuitan Effendi Ghazali
Cuitan Effendi Ghazali


Melalui cuitan berbeda Effendi Gazali, kembali menyinggung hal tersebut.

"Siap debat lo bu Susi Pudjiastuti yang saya hormati, bagusnya tentu kita tunggu setelah Konpres KPK, tapi karena isunya sudah dielus-elus oleh orang-orang itu juga, ya ilmuwan siap selalu Bu, sekali ini jangan tidak datang ya Bu, trims, salam sehat," pungkas Effendi Gazali.

Cuitan Effendi Gazali
Cuitan Effendi Gazali


Sebelumnya Susi Pudjiastuti melalui laman Twitter pribadinya mengunggah sebuah berita lama yang mencatut nama Effendi Gazali.

"Polemik Lobster, Effendi Gazali tantang Susi Pudjiastuti Diskusi terbuka," cuit Susi Pudjiastuti pada Rabu, 25 November 2020.*** (Syifa'ul Qulub/jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com)

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Jurnal Presisi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x