Monpera, Menyimpan Sejuta Cerita Perjuangan Rakyat Jawa Barat

- 27 November 2020, 09:36 WIB
Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. (Lucky M Lukman/Galamedia)
Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. (Lucky M Lukman/Galamedia) /

GALAMEDIA - Berdiri sejak 25 tahun lalu, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau Monpera masih kokoh dan menjadi salah satu ikon Kota Bandung serta Jawa Barat.

Berada tepat di seberang Gedung Sate dengan posisinya yang membelakangi pemandangan ke arah Gunung Tangkuban Parahu, Monpera tampak gagah berdiri.

Model bangunannya berbentuk bambu runcing yang dipadukan dengan gaya arsitektur modern. Monumen ini berdiri di atas lahan seluas ± 72.040 m² dengan total luas bangunan ± 2.143 m². Monpera diresmikan penggunaanya oleh Gubernur Jawa Barat, R. Nuriana pada tanggal 23 Agustus 1995.

Monumen yang terletak di Jln. Dipati Ukur, tepat di seberang kampus Universitas Padjajaran (Unpad) ini merupakan simbol perjuangan dan kemerdekaan Indonesia. Momumen ini menyimpan sejuta cerita mengenai perjuangan rakyat Jawa Barat ikut merebut kemerdekaan dari penjajah.

Baca Juga: Anda Sedang Putus Asa? Coba Renungi Makna Ayat-ayat Ini

Di bawah monumen yang berdiri kokoh, ternyata ada sebuah museum yang secara detail menceritakan berbagai peristiwa penting perjuangan rakyat Jawa Barat melawan penjajahan dan pemberontakan.

Bagian dalam museum Monpera. (Lucky M Lukman/Galamedia)
Bagian dalam museum Monpera. (Lucky M Lukman/Galamedia)

Sejarah asal Bandung juga ditampilkan di museum tersebut. Bahkan artefak-artefak yang mencerminkan perjuangan rakyat Jawa Barat bisa dengan mudah dilihat.

"Ada senjata-senjata keris, golok, kujang dan senjata rampasan dari penjajah," kata pemandu senior Monpera, Joni Kalimanjaya, Kamis, 26 November 2020.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x