Rupiah Melemah di Tengah Memburuknya Pandemi Covid-19

- 30 November 2020, 18:18 WIB
Ilustrasi: Karyawan menunjukkan uang rupiah dan dolar AS.
Ilustrasi: Karyawan menunjukkan uang rupiah dan dolar AS. /ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj. /

GALAMEDIA - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin, 30 November 2020 sore ditutup melemah seiring kenaikan jumlah kasus Covid-19.

Rupiah ditutup melemah 30 poin atau 0,21 persen ke posisi Rp 14.120 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya Rp 14.090 per dolar AS.

"Memang sentimen negatif muncul dari memburuknya pandemi di banyak negara," kata analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Habib Rizieq Dituding Kabur dari RS, Jubir Presiden Singgung Pejabat Korea yang Ditembak Mati

Survei oleh Komisi Eropa menunjukkan sentimen ekonomi Zona Euro turun pada November, yang pertama kalinya dalam tujuh bulan terakhir akibat gelombang kedua Covid-19 yang melanda benua Eropa.

Terjadi penurunan aktivitas bisnis Prancis pada November karena penguncian kedua akibat penyebaran Covid-19.

Sedangkan jumlah infeksi Covid-19 di Jerman telah melampaui angka satu juta dengan jumlah kematian harian mencapai rekor tertinggi hari di minggu lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berang: Tidak Ada Tempat di Tanah Air bagi Terorisme!

Di Indonesia, berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, penambahan jumlah kasus positif per 29 November 2020 memecahkan rekor sebanyak 6.267 kasus sehingga angka kumulatif pasien positif di Indonesia mencapai 534.266 orang.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x