Cleaning Service Jadi Garda Terdepan Mencegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Umum

- 10 Desember 2020, 18:25 WIB
Dewan Pengurus Apklindo Jabar, Cecilia Fransisca (kanan). (Lucky M Lukman/Galamedia)
Dewan Pengurus Apklindo Jabar, Cecilia Fransisca (kanan). (Lucky M Lukman/Galamedia) /

GALAMEDIA - Pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia sejak Februari 2020 lalu, ikut memberikan dampak pada pekerjaan cleaning service.

Ditutupnya fasilitas publik, membuat sektor ini menjadi lesu. Bahkan berdampak pada pertambahan jumlah pengangguran baru.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Pengusaha Klining Service Indonesia (Apklindo) Pusat, H. M Siddiq S P. Sebagai siasat, Apklindo pun selalu berusaha bersinergi dengan pemerintah.

Baca Juga: Ada Jelaga Senjata Api di Tangan Pengawal Habib Rizieq Shihab yang Tewas Ditembak Polisi

Agenda itu pula yang dibahas oleh Apklindo Jabar yang menggelar Musyawarah Provinsi, di Hotel Shadow Bandung, Kamis, 10 Desember 2020.

"Kegiatan ini yang pertama dan dilaksanakan di Kota Bandung. Kami berharap pada 2021 Apklindo Jabar bisa lebih maju dengan menggunakan e-katalog lokal, agar memberikan peluang bisnis besar bagi para pengusaha di Jabar. Tentunya agar bisa berkembang seperti di daerah lain," terang Siddiq.

Ia pun mengungkapkan, pandemi sangat berpengaruh pada sektor cleaning service. Dimana usaha yang bersifat publik banyak yang ditutup.

Baca Juga: Gubernur Jabar Minta Masyarakat Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Meski Sudah Divaksin

"Pasti berpengaruh bagi para pekerja, bahkan menambah pengangguran baru karena cleaning service kan ada di mana-mana. Jadi kita terdampak," terangnya.

Dewan Pengurus Apklindo Jabar, Cecilia Fransisca mengatakan, adanya pandemi membuat para pelanggan tidak bisa beroperasional untuk sementara.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah