Keren, Telkom University Ciptakan Alat Pelindung Dokter Gigi

- 16 Desember 2020, 12:21 WIB

 

GALAMEDIA - Corona Virus Disease 19 (COVID-19) masih menjadi momok bagi masyarakat dunia, tidak sedikit penduduk dunia yang kehilangan nyawa akibat virus tersebut.

Hingga saat ini di Indonesia kasus COVID-19 sudah mencapai angka 500 ribu dengan total kesembuhan mencapai 425 ribu jiwa.

Tidak sedikit dari jumlah kematian akibat COVID-19 menyasar tenaga kesehatan, setidaknya ada ratusan tenaga kesehatan harus kehilangan nyawa saat bertugas menangani COVID-19.

Baca Juga: Astaga, Satu dari Empat Orang Populasi Dunia Terancam Tak Mendapatkan Vaksin Covid-19 Hingga 2022

Mengutip dari Instagram Ikatan Dokter Indonesia, tercatat ada 168 dokter (Data 20 November 2020) mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis, dari data tersebut tidak sedikit pula dokter gigi yang harus meregang nyawa akibat COVID-19.

Banyaknya kasus dokter gigi tertular COVID-19 dikarenakan, dokter gigi bersentuhan langsung dengan mulut pasien untuk diperiksa giginya.

Menyikapi hal tersebut, Telkom University melalui Fakultas Teknik Elektro dan Fakultas Industri Kreatif Telkom University berkolaborasi menciptakan Dentist Protective (Dentpro).

Baca Juga: Jangan Remehkan Sakit Leher, Ini 8 Tips Mencegah Leher Kaku yang Disebabkan Salah Bantal

Menurut Dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University Hardy Adiluhung, alat ini diperuntukan kepada dokter gigi sebagai alat pelindung saat menjalani praktek, dimana melalui alat ini dokter akan terhindar dari semburan aerosol dan droplets.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x