48 Jam Usai Disuntik Vaksin Pfizer, Petugas Kesehatan Porto Meninggal Mendadak

- 5 Januari 2021, 12:33 WIB
Simulasi vaksin Corona di Kota Bandung, Jawa Barat.
Simulasi vaksin Corona di Kota Bandung, Jawa Barat. /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar/

GALAMEDIA - Seorang petugas kesehatan Portugis meninggal dua hari setelah mendapatkan vaksin virus corona Pfizer.

Sonia Acevedo (41) dinyatakan mengalami 'kematian mendadak' di rumahnya tepat pada pergantian tahun atau 48 jam setelah menerima suntikan. Autopsi baru akan dilakukan dalam dua hari mendatang.

Baca Juga: Singgung Calon Kapolri, DPR RI Ungkap Tantangan Berat ke Depan

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Selasa (5 Januari 2021) ibu dua anak yang bekerja di bidang pediatri Institut Onkologi Portugis di Porto itu, tidak dilaporkan menderita efek samping setelah divaksinasi.

Ayah Sonia, Abilio Acevedo kepada harian Portugis Correio da Manha mengatakan, “Dia baik-baik saja, tidak punya masalah kesehatan. Putriku mendapat mendapat vaksin Covid-19 tetapi dia tidak memiliki gejala apa pun.”

Baca Juga: Beri Penghargaan Kepala KUA Cimahi Tengah, Gus Yaqut Ingin Bangun 'Kemenag Baru'

“Aku tidak tahu apa yang terjadi. Aku hanya ingin jawaban. Aku ingin tahu apa yang menyebabkan kematian putriku," ujarnya.

Atasan Sonia mengonfirmasi dia meninggal setelah divaksinasi pada 30 Desember dan mengatakan pihaknya belum diberitahu mengenai apa pun terkait  'efek yang tidak diinginkan' setelah Sonia divaksin atau beberapa jam setelahnya.

Baca Juga: Bukan Baperan, Ini Alasan Pelatih Southampton Runtuh Berurai Airmata Usai Mengalahkan Liverpool

Institut Onkologi Portugis dalam sebuah pernyataan menyebut, “Sehubungan dengan kematian mendadak asisten operasional IPO Porto pada 1 Januari 2021, Dewan Direksi mengonfirmasi dan turut berduka dengan sangat mendalam bagi keluarga.”

Ditambahkan bahwa penjelasan mengenai penyebab kematian akan mengikuti prosedur yang biasa dilakukan.

Sonia bekerja di IPO Porto, institusi kesehatan rujukan nasional dan internasional yang selama ini bergerak di bidang pengobatan, penelitian dan pendidikan kanker, selama lebih dari 10 tahun.

Baca Juga: Presiden Jokowi Klaim Kegiatan Perekonomian Domestik Mulai Bangkit

Sonia selama ini tinggal bersama keluarganya di Maia dekat Porto, tapi meninggal di rumah pasangannya di Trofa. Terakhir ia  mengubah foto profil Facebook miliknya tak lama setelah memosting selfie dengan masker. Foto tadi bercaption singkat, “Vaksinasi Covid-19.”

Kepada pers lokal sang ayah mengaku mendapat telepon yang memberitahu putrinya ditemukan tewas sekitar pukul 11 pagi  beberapa jam setelah  makan bersama pada malam tahun baru.

“Jadi anak perempuanku meninggalkan rumah dan aku tidak akan pernah melihatnya lagi.”

Baca Juga: Ucapkan Alhamdulillah, Teuku Wisnu Sampaikan Kabar Terbaru Syekh Ali Jaber
 
Keterangan anak perempuan Sonia, Vania Figueredo mengatakan, ibunya hanya mengeluhkan ketidaknyamanan normal saja di titik jarum suntik. Selebihnya baik-baik saja.

Sonia merupakan salah satu dari 538 petugas IPO Porto yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech. Kementerian Kesehatan Portugal telah diinformasikan menganai peristiwa ini.

Saat ini Portugal dengan populasi lebih dari 10 juta telah melaporkan 7.118 kematian dan lebih dari 427.000 kasus.

Setelah gelombang pertama yang relatif ringan, kasus meningkat tajam pada gelombang kedua dan melonjak lagi sejak Natal.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x