Tim SAR DMC DD Bantu Bersihkan Material Pascabanjir Bandang Di Bogor

- 21 Januari 2021, 08:39 WIB
Tim SAR DMC DD Bantu Bersihkan Material Pascabanjir Bandang Di Bogor /Dompetdhuafa

GALAMEDIA - Hujan lebat yang turun di wilayah Puncak, Bogor, menyebabkan  longsoran di Gunung Mas Selasa 19 Januari 2021 lalu. Sejumlah material dari longsoran Gunung Mas tersebut terbawa oleh aliran kali Cisampai sehingga terjadi banjir lumpur menerjang pemukiman warga.
 
Dompet Dhuafa menerjunkan Tim SAR (Disaster Management Center) DMC (Dompet Dhuafa) DD ke wilayah Gunung Mas.

Baca Juga: Renungan Hadis Pagi Ini, Aku Akan Bersamanya Selama ia Mengingat-Ku

“Saat ini Tim SAR DMC DD tergabung dalam kru tiga yang terfokuskan dalam pembersihan material longsoran yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisampai, yang terbawa akibat banjir bandang yang terjadi di perkebunan Teh Gunung Mas, Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, pada Selasa kemarin,”ujar Adhe Indra Saputra, Penanggung Jawab dari Tim SAR DMC DD lewat siaran persnya, Kamis 21 Januari 2021.
 
Di lokasi lain pada titik evakuasi pertama  berada di sekitar rumah warga yang terkena dampak parah akibat banjir bandang. Pada titik kedua, Tim SAR didatangkan untuk membantu membersihkan aliran sanitasi air bersih ke rumah-rumah warga dan pada titik ketiga,

Baca Juga: Orang Berilmu Tak akan Terasing dan Tak Ada Tempat Terhormat bagi Orang Bodoh Dimana pun

Tim SAR dikerahkan untuk mensisir daerah aliran sungai (DAS) Cisampai dalam upaya membersihkan material banjir bandang yang berada di sungai tersebut.
 
“Banyak material seperti batang kayu yang besar membuat proses pembersihan aliran sungai memakan waktu ditambah dengan alat-alat yang digunakan hanya semi berat, seperti mesin potong kayu, alkon, cangkul dan lain sebagainya. Maka itu kami membutuhkan peralatan alat berat untuk evakuasi bahan material longsoran yang masih menggenangi aliran sungai Cisampai," ujar Adhe.

Baca Juga: Juz Amma: Surat Al Ghasyiyah, Ini Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahnya, Yuk Tingkatkan Tadarusnya

"Sementara untuk titik pengungsian ada tiga, yakni berada di Gedung Tugu Pensiunan yang saat ini menampung sekitar 250 jiwa, lalu di Wisma Perhutani dengan menampung sekitar 300 jiwa dan Sebagian warga mengungsi di rumah sanak famili,” jelas Adhe.
 
Hingga Rabu sore, 20 Januari 2021, akibat dari banjir bandang telah menyebabkan 900 jiwa terdampak dan 145 jiwa mengungsi. Pos Dompet Dhuafa untuk saat ini berada di Kampung Rawa Dulang, RT 02 RW 03, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor.***

Baca Juga: Memahami Makna Asmaul Husna: Al Mutakabbir, Al Khaliq, dan Al Baari, Dzikir Pagi dengan Asmaul Husna

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X